Pengembangan Media Pembelajaran Floor Map Game (FMG) Materi Mengenal Nama Tempat Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Comprehension Skills Peserta Didik Kelas 2 Di SD Assunniyyah Kencong Jember.

Nur Sa’dhah, Rizqi (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Floor Map Game (FMG) Materi Mengenal Nama Tempat Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Comprehension Skills Peserta Didik Kelas 2 Di SD Assunniyyah Kencong Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rizqi Nur Sa’adhah_212101040078.pdf

Download (27MB)

Abstract

Rizqi Nur Sa’dhah, 2025: Pengembangan Media Pembelajaran Floor Map Game (FMG) Materi Mengenal Nama Tempat Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Comprehension Skills Peserta Didik Kelas 2 Di SD Assunniyyah Kencong Jember.
Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Floor Map Game, Mengenal Nama Tempat

Penggunaan media merupakan kebutuhan yang sangat penting pada proses pembelajaran terutama dalam mendukung pemahaman belajar peserta didik serta mempermudah tercapainya tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SD Assunniyyah Kencong terdapat problematika, yaitu siswa kelas 2 masih kesulitan dalam memahami konsep nama tempat. Maka dari itu media floor map game ini digunakan untuk mempermudah siswa dalam memahami pembelajaran bahasa Indonesia yang berkaitan dengan deskripsi dan nama-nama tempat.
Tujuan dari pengembangan media ini yaitu : 1. Untuk menghasilkan produk yang berupa media pembelajaran floor map game (FMG) materi mengenal nama tempat mata pelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan comprehension skills peserta didik kelas 2 di SD Assunniyyah Kencong Jember. 2. Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran floor map game (FMG) materi mengenal nama tempat mata pelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan comprehension skills peserta didik kelas 2 di SD Assunniyyah Kencong Jember. 3. Untuk meningkatkan respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran floor map game (FMG) materi mengenal nama tempat mata pelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan comprehension skills peserta didik kelas 2 di SD Assunniyyah Kencong Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Model penelitian yang dilakukan yaitu model penelitian ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: Pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 2 masih kurang menarik dan kurang memaksimalkan media yang tersedia. Media pembelajaran floor map game (FMG) berisikan materi mengenal nama tempat. Media tersebut terbuat dari bahan polyvinyl chloride dengan komponen – komponen yang ada didalamnya dan desain media yang relevan dengan materi pembelajaran. Media dikembangkan dan divalidasi oleh ahli media 90%, ahli materi 91%, dan ahli pembeljaran 83% dengan hasil “sangat layak”. Tahap implementation, dilakukan uji coba skala kecil dan besar. Pada tahap evaluation, dilakukan penilaian terhadap kelayakan dan respon siswa media secara keseluruhan berdasarkan angket dan repon siswa. Hasil angket respon siswa ialah 87,36% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran floor map game diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1606 Political Science > 160601 Australian Government and Politics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizqi Nur Sa'adhah
Date Deposited: 04 Jul 2025 09:43
Last Modified: 04 Jul 2025 09:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46524

Actions (login required)

View Item View Item