Proses Penyelenggaraan Event Management Camp Dalam Konteks Nilai Keluarga Pada Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Wafai, Syauqi (2025) Proses Penyelenggaraan Event Management Camp Dalam Konteks Nilai Keluarga Pada Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI_SYAUQI WAFAI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Keluarga sebagai institusi pendidikan pertama memegang peran sentral dalam pembentukan nilai moral dan spiritual individu. Sebagai upaya untuk memperkuat internalisasi nilai-nilai keluarga melalui kegiatan kolaboratif berbasis experiential learning, management camp dipilih sebagai medium karena kemampuannya menciptakan lingkungan simulatif yang mereplikasi dinamika keluarga, sekaligus melatih keterampilan manajerial mahasiswa.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi event management camp dalam mengintegrasikan nilai keluarga pada mahasiswa manajemen pendidikan islam universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember, 2) Bagaimana evaluasi event management camp dalam mengintegrasikan nilai keluarga pada mahasiswa manajemen pendidikan islam universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember, 3) Bagaimana respon dan pengalaman peserta tentang internalisasi nilai keluarga melalui partisipasi dalam management camp.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi event management camp dalam mengintegrasikan nilai keluarga pada mahasiswa manajemen pendidikan islam universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember, 2) Untuk mendeskripsikan evaluasi event management camp dalam mengintegrasikan nilai keluarga pada mahasiswa manajemen pendidikan islam universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember, 3) Untuk mendeskripsikan respon dan pengalaman peserta tentang internalisasi nilai keluarga melalui partisipasi dalam management camp.
Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi tak terstruktur, wawancara tak terstruktur, dan analisis dokumen. Analisis data terdiri dari data collection, data condensation, data display, dan conclusion. Kemudian disempurnakan dengan keabsahan data meliputi perpanjangan pengamatan, triangulasi teknik, dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan kolaboratif dan pelaksanaan yang terstruktur, program ini tidak hanya mengembangkan kompetensi manajemen, tetapi juga membangun ikatan emosional yang mendalam di antara peserta. 2) Evaluasi menunjukkan bahwa event ini tidak hanya mencapai tujuan teknis pengembangan keterampilan manajemen, tetapi juga berhasil membangun jejaring sosial-emosional yang berkelanjutan di antara peserta. 3) Peserta memandang management camp sebagai sarana internalisasi nilai keluarga yang menyentuh dimensi emosional, sosial, dan afektif, serta pengalaman membentuk “keluarga kedua” di kampus.

Kata kunci: Event, Management Camp, Nilai Keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syauqi Wafai S.Pd.
Date Deposited: 04 Jul 2025 09:27
Last Modified: 04 Jul 2025 09:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46557

Actions (login required)

View Item View Item