Manajemen Program Kelas Internasional di Madrasah Ibtidaiyah Ar Roudhoh Jember Tahun Ajaran 2024/2025

Pribadi, Diva (2025) Manajemen Program Kelas Internasional di Madrasah Ibtidaiyah Ar Roudhoh Jember Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KHAS KH.ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI DIva watermak.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam konteks Pendidikan lembaga islam, program kelas internasional merupakan bentuk layanan pendidikan yang dirancang untuk membekali siswa dengan kompetensi global tanpa meninggalkan identitas keislaman dan nilai-nilai lokal. Sebagai bahasa pengantar dalam program kelas internasional menggunakan Bahasa inggris. Untuk mencapai tujuan tersebut secara optimal diperlukan sebuah manajemen program yang efektif, meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang terstruktur. Manajemen program menjadi kunci agar program kelas internasional dapat berjalan sesuai yang diharapkan dan pelaksanaanya dapat tercapai.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan program kelas internasional di Madrasah Ibtidaiyah Ar Raudhoh Jember Tahun Ajaran 2024/2025? 2) Bagaimana pelaksanaan program kelas internasional di Madrasah Ibtidaiyah Ar Roudhoh Jember Tahun Ajaran 2024/2025? 3) Bagaimana evaluasi program kelas internasional di Madrasah Ibtidaiyah Ar Roudhoh Jember Tahun Ajaran 2024/2025?
Tujuan penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui perencanaan program kelas internasional di Madrasah Ibtidaiyah Ar Roudhoh Jember Tahun Ajaran 2024/2025. 2)Untuk mengetahui pelaksanaan program kelas internasional di Madrasah Ibtidaiyah Ar Roudhoh Jember Tahun Ajaran 2024/2025. 3) Untuk mengetahui evaluasi program kelas internasional di Madrasah Ibtidaiyah Ar Roudhoh Jember Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah narrative research. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari kepala madrasah, waka kurikulum, guru program kelas internasional serta siswa yang terlibat dalam program kelas internasional. Data yang diperoleh dianalisis dengan Teknik pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perencanaan program dalam mempersiapkan kegiatan program kelas internasional yaitu, mempersiapkan kurikulum program, menentukan jenis kegiatan program kelas internasional. 2) pelaksanaan program dibagi menjadi 4 jenis program yaitu program harian, bulanan, program triwulan dan akhir semester 3) evaluasi programkelas internasional terdapat 2 teknik yaitu evaluasi di dalam pembelajaran dan evaluasi program kegiatan secara keseluruhan yang dilaksanakan tiap mingguan, bulanan, triwulan dan akhir semester
Kata Kunci: Manajemen Program, Kelas Internasional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Diva Pribadi
Date Deposited: 04 Jul 2025 09:27
Last Modified: 04 Jul 2025 09:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46559

Actions (login required)

View Item View Item