Syafinatul Jannah, Reza Syafira (2025) Upaya Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Anak melalui metode permainan maharaja di TK Muslimat Al-Muhajirin Latukan Karanggeneng Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Reza Syafira Syafinatul Jannah_202101050001.pdf Download (20MB) |
Abstract
Reza Syafira Syafinatul Jannah, 2025: Upaya Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Anak melalui metode permainan maharaja di TK Muslimat Al-Muhajirin Latukan Karanggeneng Lamongan
Kata kunci: pengembangan bahasa, permainan maharaja
Perkembangan bahasa merupakan salah satu perkembangan yang sangat penting pada awal usia perumbuhan anak. Perkembangan bahasa anak sangat erat kaitannya dengan perkembangan anak secara menyeluruh baik dari segi kognitif, sosial dan emosi. Bahasa memerankan peran kunci dalam komunikasi, ekspresi diri, dan pemahaman dunia sekitar. Perkembangan bahasa anak adalah proses pertumbuhan dan kemajuan kemampuan bahasa anak dari sejak lahir hingga usia dewasa. Proses ini melibatkan kemampuan anak untuk memahami, mengucapkan, dan menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dengan orang lain. Di TK Muslimat Al-Muhajirin dalam mengembangkan bahasa anak kelompok A yaitu menggunakan metode permainan maharaja.
Fokus penelitian ini yaitu: Bagaimana upaya guru dalam menggunakan permainan maharaja untuk mengembangkan bahasa anak di TK Muslimat Al-Muhajirin Latukan Karanggeneng Lamongan. Tujuan dari penelitian ini adalah: Mendeskripsikan upaya guru dalam menggunakan permainan maharaja untuk mengembangkan bahasa anak di TK Muslimat Al-Muhajirin Latukan Karanggeneng Lamongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan bersumber dari model interaktif Miles dan Huberman yaitu dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: Upaya guru dalam menggunakan permainan maharaja di TK Muslimat Al-Muhajirin Lattukan Karanggeneng Lamongan ada beberapa langkah yang harus diperhatikan agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar, pertama guru akan menyiapkan bahan, kedua mengajak peserta didik untuk melakukan doa bersama, ketiga guru akan menjelaskan tema dan kegiatan yang akan diberikan, keempat guru membentuk kelompok, kelima peserta didik mulai mengerjakan dan keenam guru melakukan evaluasi atau tanya jawab terkait kegiatan yang telah dilakukan. Adapun faktor pendukung yaitu memiliki guru yang ahli dibidangnya dan memiliki sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yang di alami peserta didik yaitu perilaku peserta yang beragam, kurangnya konsentrasi peserta didik dan suasana kelas yang kurang kondusif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1602 Criminology > 160202 Correctional Theory, Offender Treatment and Rehabilitation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Reza Syafira Syafinatul Jannah |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 09:50 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 09:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46581 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |