Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Mata Pelajaran PPKn Terhadap Siswa Kelas VI MI Laboratorium MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025

Miftahur Rohmah, Siti (2025) Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Mata Pelajaran PPKn Terhadap Siswa Kelas VI MI Laboratorium MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI Siti Miftakhur Rohmah T20184022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Siti Miftahur Rohmah, 2025: Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Mata Pelajaran PPKn Terhadap Siswa Kelas VI MI Laboratorium MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025
Kata Kunci: Implementasi, Model Pembelajaran Discovery Learning, Mata Pelajaran PPKn .
Konteks penelitian ini adalah saat observasi awal, peneliti menemukan problematika dalam penggunaan model pembelajaran pada materi PPKn. Model pembelajaran PPKn yang digunakan sebelumnya adalah metode ceramah dan Tanya jawab. Penggunaan metode ceramah dan tanyajawab ini ada kalanya juga siswa akan merasa bosan, kurang bersemangat dalam belajar, dan mendominasi siswa utuk aktif. Model pembelajaran Discovery Learning yang dijadikan sebagai model pembelajaran terpilih yang diyakini dapat membantu peserta didik untuk lebih aktif, berproses, lebih mandiri dan reflektif.
Fokus Penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran Discovery Learing dalam mata pelajaran PPKn terhadap siswa kelas VI MI Laboratorium MAN 2 jember? 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Discovery Learing dalam mata pelajaran PPKn terhadap siswa kelas VI MI Laboratorium MAN 2 jember? 3) Bagaimana evaluasi penerapan model pembelajaran Discovery Learing dalam mata pelajaran PPKn terhadap siswa kelas VI MI Laboratorium MAN 2 jember?. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran Discovery Learing dalam mata pelajaran PPKn terhadap siswa kelas VI MI Laboratorium MAN 2 jember. 2) mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran Discovery Learing dalam mata pelajaran PPKn terhadap siswa kelas VI MI Laboratorium MAN 2 jember. 3) mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran Discovery Learing dalam mata pelajaran PPKn terhadap siswa kelas VI MI Laboratorium MAN 2 jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah Deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, waancara dan dokumentasi. Dengan analisis menggunakan 1) kondensasi data 2) penyajian data 3) kesimpulan.
Hasil penelitian: (1) Perencanaan penerapan model Discovery Learning yaitu: a) menyiapkan program tahunan, program semester dan silabus yang disusun dengan sendiri; b) Menyusun RPP yang dibuat sendiri yang didalamnya menggunakan model Discovery Learning; c) menyiapkan media seperti media gambar yang digunakan guru kelas VI d) menyusun rubrik penilaian kognitif. (2) Pelaksanaan model Discovery Learning yaitu pada kegiatan awal guru mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran peserta didik, melakukan appersepsi, menyampaikan tema yang akan dipelajari, menyampaikan tahapan selama proses pembelajaran. Pada kegiatan inti guru menstimulasi peserta didik dengan memberikan sebuah gambar (Stimulasi), guru memberikan gambar lalu peserta didik mengidentifikasi masalah yang terdapat pada gambar tersebut (Problem Statement) peserta didik diberikan untuk mencari alternatif pemecahan masalah tersebut (data collection), melatih, mencoba peserta didik dan mengeksplorasikan kemampuannya (data prosesing), peserta didik berdiskusi dan mengkomunikasikan hasil diskusinya di depan kelas (verification dan generalisasi). Pada kegiatan akhir guru membuat kesimpulan hasil belajar, bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dan guru mengajak semua siswa berdoa. 3) Evaluasi penerapan model Discovery Learning kelas VI yaitu meliputi: a) Evaluasi harian dalam bentuk tulis dan lisan dan juga non tes berupa observasi; b) Evaluasi formatif dalam bentuk tes tulis; c) Evaluasi sumatif yaitu pada akhir semester dalam bentuk tes tulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Miftakhur Rohmah
Date Deposited: 04 Jul 2025 12:58
Last Modified: 04 Jul 2025 12:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46601

Actions (login required)

View Item View Item