PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI MA AT-TAQWA SUREN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Rosyid, M. Abdur (2025) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI MA AT-TAQWA SUREN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
M. Abdur Rosyid, 2025: “Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Biologi Kelas X Di MA AT-TAQWA Suren Jember Tahun Pelajaran 2024/2025” .
Kata Kunci: Penerapan, Pembelajaran Biologi, Kurikulum Merdeka
Kurikulum merupakan sebuah landasan yang menentukan arah pendidikan. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran yang berfokus pada minat dan bakat siswa. MA AT-TAQWA Suren Jember merupakan salah satu sekolah yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Biologi. Penerapan kurikulum ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena pada dasarnya Kurikulum Merdeka berpusat pada siswa.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran Biologi kelas X di MA AT-TAQWA Suren Jember Tahun Pelajaran 2024/2025? 2)Apa saja faktor penghambat penerapan pembelajaran pada Penerapan kurikulum merdeka mata pelajaran Biologi kelas di X MA AT-TAQWA Suren Jember Tahun Pelajaran 2024/2025? 3)Apa saja faktor pendukung penerapan kurikulim merdeka pada pembelajaran biologi kelas x di MA AT-TAQWA Suren Jember Tahun pelajaran 2024/2025?
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1)Mendeskripsikan Penerapan biologi kurikulum merdeka kelas di X MA AT-TAQWA Suren Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.2) Mendeskripsikan faktor penghambat pada saat penerapan pembelajaran biologi pada kurikulum merdeka kelas X di MA AT-TAQWA Suren Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. 3) Mendeskripsikan pendukung dalam penerapan kurikulum merdeka kelas X di MA AT-TAQWA Suren Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini: 1) Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Biologi kelas X Di MA AT-TAQWA Suren Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. berjalan secara efektif dan sistematis yakni adanya dokumen kurikulum, metode ajar yang berbasis pendekatan sains, bahan ajar, media ajar, serta sumber pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan karakteristik siswa. 2) Faktor pendukung pelaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran biologi kelas X di MA AT-TAQWA Suren Jember mencakup kepemimpinan kepala sekolah, kesiapan dan kompetensi guru 3) Kendala-kendala dalam Penerapan pembelajaran biologi pada kurikulum merdeka untuk siswa kelas X di MA AT-TAQWA Suren Jember Tahun Pelajaran 2024/2025 yakni kondisi sumber belajar dan fasilitas yang terdapat di sekolah masih sangat minim sehingga kurang dapat menunjang proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mr Muhammad Abdur Rosyid
Date Deposited: 04 Jul 2025 09:31
Last Modified: 04 Jul 2025 09:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46620

Actions (login required)

View Item View Item