Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Melalui Platform Genially Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Norma Dalam Kehidupan Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember

Krismawati, Agustin (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Melalui Platform Genially Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Norma Dalam Kehidupan Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AGUSTIN KRISMAWATI_211101040001.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Genially, Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila.
Rendahnya motivasi belajar dapat mengakibatkan peserta didik menjadi pasif, tidak fokus, dan kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, ditemukan sejumlah kendala yang dihadapi oleh guru yaitu motivasi semangat belajar peserta didik yang masih kurang maksimal, dan kesulitan dalam memahami materi terkait norma, hal tersebut dikarenakan kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Oleh sebab itu, media pembelajaran melalui platform genially digunakan untuk menarik antusias dan membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran interaktif melalui platform genially untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Pancasila materi norma kelas V di MIN 5 jember. 2) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran interaktif melalui platform genially untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Pancasila materi norma kelas V di MIN 5 jember. 3) mendeskripsikan kepraktisan pengembangan media pembelajaran interaktif melalui platform genially terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi norma kelas V di MIN 5 Jember. 4) mendeskripsikan efektivitas pengembangan media pembelajaran interaktif melalui platform genially terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi norma kelas V di MIN 5 Jember.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan, penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: Analisis, Desain, pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu : 1) Produk yang dihasilkan dari pengembangan media ini yaitu media pembelajaran interaktif berupa website genially yang berisikan materi norma yang memuat gambar, vidio, materi, dan game yang digunakan pada kelas V MIN 5 Jember. 2) Hasil penilaian kelayakan validasi dari ahli materi menunjukkan persentase 94%, ahli media 92%. dan ahli pembelajaran 96% dengan kategori layak digunakan dan diterapkan. 3) Hasil kepraktisan menunjukkan persentase 88,8% dengan kategori sangat praktis. 4) Efektifitas mencapai 75,54% (efektif) dan motivasi mencapai 94,63% dengan kualifikasi sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Agustin Krismawati
Date Deposited: 04 Jul 2025 13:10
Last Modified: 04 Jul 2025 13:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46621

Actions (login required)

View Item View Item