Hasanah, Wardatul (2025) Pengembangan Media Pohon Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Kelompok A di TK Budi Utomo Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
![]() |
Text
SKRIPSI WARDATUL HASANAH (1).pdf Download (2MB) |
Abstract
Wardatul Hasanah, 2025 : Pengembangan Media Pohon Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Kelompok A di TK Budi Utomo Jember.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Pohon Huruf, Kemampuan Mengenal Huruf
Kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini adalah fondasi penting dalam proses belajar membaca dan menulis. Memberikan stimulasi yang konsisten dan menyenangkan akan membantu anak mengembangkan kemampuan mengenal huruf. Permasalahan yang terjadi dilapangan ditemukan kemampuan mengenal huruf pada sebagian anak belum berkembang secara optimal. Oleh karena itu, adanya pengembangan media pohon huruf sebagai salah satu alternatif dirancang untuk menunjang proses pembelajaran dalam mengenal huruf, karena media pohon huruf dikemas untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, sehingga mampu menarik minat anak dalam mengenal huruf.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengembangan media pohon huruf dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada kelompok A di TK Budi Utomo Jember? 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media pohon huruf dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada kelompok A di TK Budi Utomo Jember ? 3) Bagaimana efektivitas pengembangan media pohon huruf dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada kelompok A di TK Budi Utomo Jember ?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan media pohon huruf dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada kelompok A di TK Budi Utomo Jember. 2) Mengetahui kelayakan pengembangan media pohon huruf dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada kelompok A di TK Budi Utomo Jember. 3) Mengetahui efektivitas pengembangan media pohon huruf dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada kelompok A di TK Budi Utomo Jember
Pengembangan ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Terdapat tiga validator dalam penelitian ini yaitu validator ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran serta subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelompok A di TK Budi Utomo Jember
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pengembangan media pohon huruf sesuai prosedur tahapan ADDIE, dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat. 2) Hasil dari ketiga validasi validator tingkat kelayakan media pohon huruf memperoleh 91% dengan kategori sangat layak 3) Efektivitas media pohon huruf berdasarkan hasil pretest sebesar 75% dan hasil posttest sebesar 95% maka mengalami peningkatan 20% sehingga media pohon huruf efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wardatul Hasanah |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 13:19 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 13:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46625 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |