sumaida, sumaida (2025) Pembelajaran Membaca, Menulis, Berhitung (Calistung) Anak Usia 4-5 Tahun di Kelas A3 RA Darul Ibad Ajung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI SUMAIDA watermark.pdf Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sumaida, 2025: Pembelajaran Membaca, Menulis, Berhitung (CALISTUNG)
Anak Usia 4-5 Tahun Di Kelas A3 RA Darul Ibad Ajung Jember
Kata Kunci: Proses Pembelajaran, Calistung.
Pendidikan pada anak usia dini penting untuk mendukung perkembangan
holistik. Pembelajaran sebaiknya disesuaikan dengan karakter anak melalui
metode bermain. Judul ini diambil karena adanya fenomena nyata di lapangan,
khususnya di kelas A3 RA Darul Ibad Ajung Jember, untuk mengetahui
bagaimana penerapan pembelajaran membaca, menulis, berhitung (calistung) pada
anak usia 4-5 tahun di RA Darul Ibad Ajung Jember.
Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu: 1) bagaimana proses
pembelajaran membaca, menulis, berhitung (Calistung) anak usia 4-5 tahun di
kelas A3 RA Darul Ibad Ajung Jember? 2) bagaimana hasil pencapaian
pembelajaran membaca, menulis, berhitung (Calistung) anak usia 4-5 tahun di
kelas A3 RA Darul Ibad Ajung Jember?. Tujuan penelitian pada penelitian ini
yaitu: 1) untuk mendeskripsikan proses pembelajaran membaca, menulis,
berhitung (Calistung) tanpa permainan di Kelas A3 RA Darul Ibad Ajung Jember,
2) untuk mendeskripsikan hasil pencapaian pembelajaran membaca, menulis,
berhitung (Calistung) anak usia 4-5 tahun di Kelas A3 RA Darul Ibad Ajung
Jember
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan
metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif dan lokasi penelitian di RA
Darul Ibad Ajung Jember. Teknik pengumupulan data menggunakan: observasi,
wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan: proses pembelajaran calistung di Kelas A3
RA Darul Ibad Ajung Jember biasanya dilakukan dengan cara yang lebih serius,
seperti mengerjakan tugas di kertas, menyalin huruf atau angka, dan menghafal
suku kata. Anak-anak diminta untuk bernyanyi tentang membaca, menulis,
berhitung (calistung), anak- anak diminta untuk tanya jawab tentang tema pada
hari itu. Kegiatan ini fokus pada hasil akhir, sehingga anak mempunyai kesiapaan
dalam pembelajaran calistung, Tahapan pembelajarannya dimulai dari pengenalan
berbagai jenis garis (tidur, berdiri, lengkung, serong), dilanjutkan dengan
pengenalan huruf vokal dan angka 1–5 secara bertahap melalui hafalan,
penebalan, dan penyalinan di lembar kerja. Setelah itu, anak diarahkan untuk
menyusun kata menjadi kalimat sederhana seperti “ibu beli sayur”. Adapun hasil
dari penelitian ini mayoritas anak kelas A3 ada dalam kategori Berkembang
Sesuai Harapan (BSH).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms SUMAIDAA MAIDA |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 13:28 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 13:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46643 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |