PENGEMBANGAN E-HANDOUT BIOLOGI BERMUATAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DAN HADITS PADA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS X DI SMK BAITUL HIKMAH TEMPUREJO JEMBER

Khodija, Siti (2025) PENGEMBANGAN E-HANDOUT BIOLOGI BERMUATAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DAN HADITS PADA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS X DI SMK BAITUL HIKMAH TEMPUREJO JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi_Siti Khodija_Watermark.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata kunci: ayat Al-Qur’an, biologi, e-handout, hadits, sikap peduli lingkungan.

Bahan ajar yang digunakan di SMK Baitul hikmah Tempurejo hanya bersumber dari buku cetak IPAS berupa LKS, juga belum adanya bahan ajar IPAS yang bermuatan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits. E-handout biologi yang bermuatan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits dapat berfungsi sebagai media untuk menanamkan nilai-nilai moral dan etika yang berkaitan dengan lingkungan. Ditemukan juga bahwasanya sikap peduli lingkungan siswa kelas X belum pernah dilakukan pengukuran sebelumnya, sehingga dapat diasumsikan bahwa sikap peduli lingkungan siswa masih tergolong rendah atau sedang dan perlu untuk ditingkatkan.
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat efektifitas e-handout biologi bermuatan ayat-ayat Al-Qur'an dan Hadits pada materi makhluk hidup dan lingkungannya untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa kelas X di SMK Baitul Hikmah Tempurejo Jember.
Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan e-handout ini adalah model ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu: Analyse, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dan angket. Intrumen pengumpulan data berupa lembar intrumen validasi, intrumen uji respon guru dan peserta didik, dan instrument penilaian sikap peduli lingkungan.
Tingkat kevalidan e-handout berdasarkan hasil validasi dari beberapa ahli memperoleh kriteria sangat valid dari 2 ahli materi dengan nilai rata-rata sebesar 93,3%, kriteria sangat valid dari ahli Pendidikan Islam dengan nilai rata-rata 87,5%, kriteria valid dari ahli Bahasa dengan nilai rata-rata 82%, dan kriteria sangat valid dari ahli media dengan nilai rata-rata 89,2%. Tingkat kepraktisan e-handout berdasarkan uji coba respon oleh guru mendapatkan kategori sangat layak dengan nilai rata-rata 94%. Hasil pada uji coba skala luas yaitu kelas X-B yang berjumlah 24 siswi mendapatkan kategori sangat menarik dengan nilai rata-rata 88,6%. Peningkatan sikap peduli lingkungan berdasarkan hasil uji N-gain score tergolong kategori sedang dengan rata-rata nilai 0,591. Sedangkan hasil N-gain persen sebesar 59,1% dengan kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050203 Environmental Education and Extension
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060201 Behavioural Ecology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Siti Khodija
Date Deposited: 04 Jul 2025 13:32
Last Modified: 04 Jul 2025 13:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46650

Actions (login required)

View Item View Item