Zahro, Arini (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Spinning Wheel by Standing Pada Mata Pealajaran Pendidikan Pancasila Kelas III Sekolah Dasar Negeri 02 Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Arini Maulidiyatuz Zahro_212101040021.pdf Download (8MB) |
Abstract
Pengembangan media pembelajaran spinning wheel by standing adalah suatu media untuk menciptakan alat bantu pelajaran dan menggabungkan elemen permainan dengan komponen pembelajaran. Di Sekolah Dasar Negeri 02 Ajung Jember, memiliki keterbatasan media berupa buku paket dan LKS. Sehingga perlu adanya inovasi baru. Media Spinning Wheel By Standing hadir sebagai solusi, menyajikan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan topik dalam roda yang berputar untuk menarik perhatian peserta didik.
Rumusan masalah: 1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran spinning wheel by standing pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas III Sekolah Dasar Negeri 02 Ajung Jember? 2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran spinning wheel by standing pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas III Sekolah Dasar Negeri 02 Ajung Jember? 3) Bagaimana kepraktisan media spinning wheel by standing pada siswa mata pelajaran pendidikan pancasila kelas III Sekolah Dasar Negeri 02 Ajung Jember 4) Bagaimana keefektifan media pembelajaran spinning wheel by standing pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas III Sekolah Dasar Negeri 02 Ajung Jember?
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pengembangan media spinning wheel by standing melalui pembuatan dari bahan bekas roda sepeda dengan penunjang dari tongkat kaki, dan dilapisi pertanyaan yang didesain menggunakan canva. 2) Kelayakan media spinning wheel by standing oleh ahli media sebesar 92,30%, ahli materi 90,9%, dan ahli pembelajaran 92,5% dengan presentase keseluruan 91,9% valid dan sangat layak. 3) Kepraktisan media berdasarkan respon peserta didik menunjukkan hasil 71,76%. 4) Keefektifan mencapai 68% dengan kategori efektif. Hal ini dapat disimpulkan bahwasannya media spinning wheel by standing layak, praktis, dan efektif dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Spinning Wheel By Standing, Pendidikan Pancasila
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Arini Maulidiyatuz |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 09:34 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 09:34 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |