Amalia, Elsa Rizky (2025) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Bergambar Pada Anak Kelompok A1 di TK Al Hidayah IV Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Elsa_Rizky_Amalia Watermark 1.pdf Download (9MB) |
Abstract
Elsa Rizky Amalia, 2025: Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Bergambar Pada Anak Kelompok A1 di TK Al Hidayah IV Jember
Kata kunci: Kemampuan Membaca Permulaan dan Media Kartu Bergambar
Membaca permulaan melalui media kartu bergambar sangat penting untuk proses pembelajaran dalam mengenal huruf, merangkai huruf menjadi kata, dan membaca kata. Kegiatan membaca permulaan di kelompok A1 TK Al Hidayah IV Jember menggunakan media kartu bergambar agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik perhatian anak. Sesuai penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa terdapat beberapa anak yang masih belum mengenal huruf, merangkai huruf menjadi kata, dan membaca kata. Hal ini dikarenakan, masih terdapat anak yang sering bergurau kepada teman, bermain sendiri saat guru menjelaskan, dan juga ada yang jarang masuk sekolah.
Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1. bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menbaca permulaan melalui media kartu bergambar pada anak kelompok A1 di TK Al Hidayah IV Jember? 2. Bagaimana evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu bergambar pada anak kelompok A1 di TK Al Hidayah IV Jember?. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu bergambar pada anak kelompok A1 di TK Al Hidayah IV Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: 1. Perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu bergambar pada anak kelompok A1 di TK Al Hidayah IV Jember dilakukan dengan cara guru menyusun RPPH yang disesuaikan dengan tema pembelajaran yang telah diterapkan sebelumnya. 2. Pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu bergambar pada anak kelompok A1 dilakukan dengan tiga tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3. Evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu bergambar pada anak kelompok A1 di TK Al Hidayah IV Jember dilakukan dari awal pembelajaran sampai akhir. Dengan cara melakukan penilaian melalui penilaian checklist, catatan anekdot, dan penilaian hasil karya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Elsa Amalia |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 14:30 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 14:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |