Huda, Arif Ilman (2025) PERAN BIMBINGAN DALAM MENANGANI PERILAKU BULLYING PADA ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN ASSOFYAN LANGON AMBULU. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Skripsi Arif Ilman Huda_205103030005 nw.pdf Download (4MB) |
Abstract
Bullying merupakan perilaku menyimpang yang kerap terjadi dalam kehidupan sosial, termasuk di lingkungan panti asuhan. Anak asuh yang hidup di panti asuhan rentan mengalami maupun melakukan Bullying karena latar belakang keluarga yang beragam. Lingkungan sosial yang kurang kondusif dapat memicu terjadinya perilaku agresif ini. Oleh karena itu, diperlukan adanya peran aktif dari lembaga panti dalam memberikan bimbingan sebagai upaya penanganan dan pencegahan perilaku Bullying . Oleh karena itu, penting bagi program bimbingan untuk dirancang sedemikian rupa agar mampu memberikan dukungan emosional dan psikologis yang dibutuhkan oleh anak-anak tersebut. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah : 1) Bagaiman peran pembimbing dalam menangani perilaku bullying pada anak asuh dipanti asuhan Langon Ambulu. 2) Apa factor pendukung dan penghambat dalam menagani perilaku bullying pada anak asuh. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran pembimbing dalam menanggani perilaku Bullying pada anak asuh di Panti Asuhan Assofyan Langon Ambulu. 2) Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan penghambatan ketika berhadapan dengan perilaku intimidasi anak -anak di panti asuhan di Assofyan Langon Ambulu.
Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini dikaitkan dengan proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif tentang orang dan perilaku, baik secara lisan maupun tertulis. Mengenali fungsi pedoman dalam menangani perilaku bullying anak asuh di. Untuk mengumpulkan informasi yang berfokus pada pemahaman makna dan menciptakan fenomena yang terkait dengan fungsi pedoman, pendekatan ini didasarkan pada teknik triangulasi, yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Bimbingan dalam Menangani Perilaku Bullying pada Anak Asuh di Panti Asuhan Assofyan. Sangat penting dalam dimana peran pembimbing dalam mengubah emosional dan psikologis anak asuh di Panti Asuhan serta serta faktor pendukung dan penghambat dalam penanganan tersebut. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pembimbing memainkan peran penting melalui tindakan preventif, korektif, dan
rehabilitatif. Faktor pendukung dalam penanganan Bullying antara lain adalah dukungan dari pengasuh dan pembimbing, serta pendidikan tentang dampak Bullying. Namun, terdapat juga faktor penghambat, yaitu karakter anak asuh yang tertutup dan norma sosial yang kurang mendukung keterbukaan. Penelitian ini menyoroti pentingnya peran aktif pembimbing dalam menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung emosional dan psikologis anak asuh di Panti Asuhan, serta perlunya mengatasi hambatan-hambatan yang ada untuk penanganan Bullying yang lebih efektif yang menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan yang benar-benar aman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | arif ilman huda |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 14:37 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 14:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46755 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |