PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HAMPERS PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL MATERI MAGNET, LISTRIK DAN TEKNOLOGI UNTUK KEHIDUPAN KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 JEMBER

Maulidiya, Mahda (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HAMPERS PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL MATERI MAGNET, LISTRIK DAN TEKNOLOGI UNTUK KEHIDUPAN KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Mahda Maulidya 2025.pdf

Download (5MB)

Abstract

Mahda Maulidiya, 2025: Pengembangan Media Pembelajaran Hampers Pada Pelajaran Ilmu Pengertahuan Alam Dan Sosial Materi Magnet, Listrik Dan Teknologi Untuk Kehidupan Kelas V A Di Madrasah Ibtidaiyan Negeri 5 Jember.

Kata Kunci: Pengembangan Media, Hampers, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial kelas V, ADDIE.

Setiap satuan pendidikan memiliki tujuan untuk mencerdaskan peserta didik dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Salah satu tantangan dalam mencapai tujuan tersebut adalah rendahnya minat belajar siswa akibat penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik dan terbatasnya variasi alat bantu belajar. Berdasarkan observasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember, ditemukan bahwa proses pembelajaran IPAS masih didominasi oleh buku teks tanpa dukungan media yang interaktif. Hasil evaluasi menunjukkan 80% siswa kelas V A memperoleh nilai di bawah KKM, menandakan rendahnya pemahaman terhadap materi. Media ini dirancang untuk meningkatkan minat, partisipasi, dan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPAS.
Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) bagaimana pengembangan media pembelajaran Hampers pada mata pelajaran IPAS, (2) bagaimana kelayakan media tersebut, dan (3) bagaimana keefektifannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Hampers, yaitu media interaktif berbentuk kotak yang berisi foto, informasi, dan fakta terkait materi IPAS. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Hasil dari penelitian dan pengembangan menunjukkan 1) Proses pengembangan media dilakukan secara sistematis melalui lima tahapan dalam model ADDIE, dimulai dari tahap Analysis untuk mengidentifikasi kebutuhan dan permasalahan pembelajaran melalui observasi di Lokasi Min 5 Jember., tahap Design untuk merancang isi dan layout media sesuai karakteristik peserta didik, tahap Development untuk membuat dan memproduksi media dengan bantuan aplikasi Canva Premium, tahap Implementation untuk menguji coba media secara langsung kepada siswa kelas V A MIN 5 Jember, hingga tahap Evaluation untuk menilai kelayakan dan keefektifan media melalui validasi ahli, sehingga menghasilkan produk media pembelajaran hampers yang layak, menarik, dan terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman serta keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran IPAS. Uji coba dilakukan di kelas V A MIN 5. 2) Hasil kelayakan dari media Hampers Pembelajaran yang di peroleh dari ahli media 95%, ahli materi 95%, wali kelas 92%, Dengan total presentase 94,43% maka sangat dikatan layak untuk diuji coba. 3). Hasil keefektifan diperoleh dengan menggunakan analisis N-Gain dari nilai Pretest & Posttest yang menunjukkan keefektifan sebesar 85.58% yang termasuk dalam kategori efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mahda Maulidya
Date Deposited: 04 Jul 2025 14:52
Last Modified: 04 Jul 2025 14:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46766

Actions (login required)

View Item View Item