Faiqoh, Sita Nur (2025) Analisis Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis pada Materi Pola Bilangan Menggunakan Langkah Polya Ditinjau dari Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VIII A di MTs Al Amien Ambulu. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Sita Nur Faiqoh_T20187070.pdf Download (9MB) |
Abstract
Sita Nur Faiqoh, 2025: Analisis Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis pada Materi Pola Bilangan Menggunakan Langkah Polya Ditinjau dari Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VIII A di MTs Al Amien Ambulu
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pola Bilangan, Langkah Polya, Kebiasaan Belajar Siswa
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki dan ditingkatkan oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan pra observasi yang dilakukan di kelas VIII MTs Al Amien Ambulu diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal pada materi pola bilangan masih rendah. Satu dari banyak faktor yang membawa pengaruh besar terhadap rendahnya kemampuan pemecahan masalah adalah kebiasaan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan kebiasaan belajar tinggi dalam menyelesaikan soal pada materi pola bilangan menggunakan langkah Polya; 2) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan kebiasaan belajar sedang dalam menyelesaikan soal pada materi pola bilangan menggunakan langkah Polya; dan 3) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan kebiasaan belajar rendah dalam menyelesaikan soal pada materi pola bilangan menggunakan langkah Polya.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan di kelas VIII A MTs Al Amien Ambulu. Pemilihan subjek dilakukan dengan metode purposive, yaitu subjek dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 6 siswa yang ditentukan dari hasil angket kebiasaan belajar dan dibagi ke dalam 3 kategori, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Dari masing-masing kategori dipilih 2 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles, Huberman, dan Saldana. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) siswa dengan kebiasaan belajar tinggi mampu memenuhi keempat indikator pemecahan masalah menurut polya dalam menyelesaikan soal pada materi pola bilangan, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali hasil penyelesaian; 2) siswa dengan kebiasaan belajar sedang dalam menyelesaikan soal pada materi pola bilangan mampu memenuhi dua indikator pemecahan masalah menurut polya yaitu memahami masalah dan merencanakan penyelesaian; dan 3) siswa dengan kebiasaan belajar rendah hanya mampu memenuhi satu indikator pemecahan masalah menurut polya yaitu memahami masalah dalam menyelesaikan soal pada materi pola bilangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pola Bilangan, Langkah Polya, Kebiasaan Belajar Siswa |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Sita Nur Faiqoh |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 14:47 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 14:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46769 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |