Kulsum, Umi (2025) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SKI DI MTS ANNURIYYAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
![]() |
Text
Hamdalah SKRIPSI KHOLASS watermak.pdf Download (3MB) |
Abstract
Umi Kulsum, 2025 : Upaya Guru Dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Peserta Didik Pada Pembelajaran SKI Di MTs. Annuriyyah Jember Tahun Pelajaran 2024/2025
Kata Kunci : Upaya guru, Partisipasi aktif, dan Pembelajaran SKI.
Upaya guru adalah salah satu kegiatan penting dalam membantu peserta didik belajar, membimbing, mengajar, dan memberikan ilmu pengetahuan sesuai dengan kemampuan peserta didik. Namun, meskipun berbagai upaya telah dilakukan oleh guru, masih ditemukan peserta didik yang kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Banyak peserta didik merasa malas untuk membaca materi, sehingga muncul anggapan bahwa SKI adalah pelajaran yang sulit dipahami, ditambah lagi mereka kurang fokus saat proses belajar berlangsung. Hal ini menunjukkan perlu adanya upaya guru dalam strategi pembelajaran yang lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik agar mereka lebih termotivasi dan aktif dalam mengikuti pelajaran SKI.
Fokus dan tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan partisipasi akrtif peserta didik pada pembelajaran SKI Di MTs. Annuriyyah Jember tahun pelajaran 2024/2025?, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung upaya guru dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik pada pembelajaran SKI Di MTs. Annuriyyah Jember tahun pelajaran 2024/2025?, 3) Mendeskripsikan faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik pada pembelajaran SKI Di MTs. Annuriyyah Jember tahun pelajaran 2024/2025?.
Untuk mengindentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori dari Miles Huberman dan Saldana, yaitu Kondensasi Data (Data Condensation), Penyajian Data (Data Display), dan Penarikan Simpulan dan Verifikasi (Conclusion drawing/verification). Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil pembahasan penelitian ini yaitu: 1. Upaya guru dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik pada pembelajaran SKI yaitu: a) pemberian motivasi b) memberikan stimulus, c) pemberian penugasan kepada peserta didik berupa tes, sehingga kemampuan peserta didik selalu terpantau dan terukur. 2. Faktor pendukung guru dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik pada pembelajaran SKI yaitu a) penguasaan materi oleh guru, b) visualisasi materi, c) lingkungan yang mendukung. 3. Faktor penghambat guru dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik pada pembelajaran SKI yaitu terdapat dua temuan yang diperoleh diantaranya: a) faktor internal, yang berasal dari dalam atau diri peserta didik b) faktor eksternal yang berasal dari luar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Umi Kulsum |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 14:56 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 14:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46775 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |