Adelina Setiyani, Vety (2025) UPAYA MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A1 DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN DESA SUMBERJATI KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
Vety Adelina Setiyani NIM T20195066.pdf Download (4MB) |
Abstract
Vety Adelina Setiyani, 2025. “Upaya Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia dini Melalui Media Cerita Bergambar pada Kelompok A1 di TK Dharma Wanita Persatuan Desa Sumberjati Kcamatan Silo Kabupaten Jember”.
Kata Kunci : Perkembangan Sosial Emosional, Media Cerita Bergambar
Mengembangkan sosial emosional merupakan hal yang harus distimulus sejak dini. Dalam mengembangkan sosial emosional ini perlu media untuk membantu keaktifan dakam pembekajaran. Guru TK A1 Dharma Wanita Persatuan memggunakan media cerita bergambar untuk menyampaikan materi pembelajaran.
Fokus penelitian meliputi : (1) Bagaimana mengembangkan kesadaran diri anak usia dini melalui media cerita bergambar ? (2) Bagaimana mengembangkan rasa tanggung jawab anak usia dini melalui media cerita bergambar ? (3) Bagaimana mengembangkan perilaku prososial anak usia dini melalui media cerita bergambar pada kelompok A1 Di TK Dharma wanita Persatuan Silo, Jember.
Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Mendeskripsikan pengembangan kesadaran diri anak usia dini melalui media cerita bergambar. (2) Mendeskripsikan pengembangan rasa tanggung jawab anak usia dini melalui media cerita bergambar. (3) Mendeskripsikan pengembangan perilaku prososial anak usia dini melalui media cerita bergambar.
Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan teknik penentuan subyek menggunakan Purposive. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan menggunakan model teknik interaktif Miles, Huberman dan Saldana, meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik.
Hasil dari penelitian ini : 1) Mengembangkan kesadaran diri anak usia dini melalui media cerita bergambar pada kelompok A1 memberikan dampak yang positif anak-anak pada kelompok A1 menunjukkan aspek kesadaran diri, yaitu anak berani tampil di depan untuk membacakan cerita dan menunjukkan rasa percaya diri, serta bangga terhadap hasil karya yang telah dibuat. 2) Mengembangkan rasa tanggung jawab anak usia dini melalui media cerita bergambar pada kelompok A1 dapat menstimulasi rasa tanggung jawab anak yaitu anak diajarkan untuk saling membantu, berbagi dan bekerja sama dengan begitu dapat mengembangkan sosial emosional anak usia dini dalam hal rasa tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain. 3) Mengembangkan perilaku prososial melalui media cerita bergambar memberikan hasil positif, media ini mengembangakan pikiran anak dalam memfasilitasi perkembangan sosial emosional dalam aspek perilaku prososial. Melalui media cerita bergambar ini, anak diajarkan untuk tampil maju ke depan bersama-sama untuk menyusun potongan cerita bergambar, dari situ anak diajarkan rasa empatinya ketika ada teman yang kesulitan, dan dari situ anak diajarkan mentaati aturan permainan dan diajarkan menunggu giliran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | VETY ADELINA SETIYANI |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 16:19 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 16:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46871 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |