IMPLEMENTASI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII MTS UNGGULAN AL - QODIRI 1 JEMBER

Agustian, Miftahussurur (2025) IMPLEMENTASI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII MTS UNGGULAN AL - QODIRI 1 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi_Miftah_revisi digilib.pdf

Download (3MB)

Abstract

Miftahussurur Agustian, 2025: Implementasi Metode CTL (Contextual
Teaching And Learning) Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada
Siswa Kelas VIII MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Metode CTL (Contextual Teaching
And Learning), Pembelajaran IPS
Berdasarkan hasil observasi proses belajar mengajar IPS kelas VIII
MTS Unggulan Al-Qodiri 1 Jember implementasi metode Contextual Teaching
and Learning cukup membantu guru dalam menyampaikan materi
pembelajarannya, dikarenakan metode ini sangat cocok dengan materi
pembelajaran IPS. Dengan di terapkannya metode ini yang awalnya siswa
merasa jenuh di dalam kelas sekarang siswa menjadi aktif saat proses
pembelajaran berlangsung dikarenakan materi yang disampaikan dikaitkan
dengan kehidupan nyata siswa, hal ini menjadikan siswa paham tentang materi
IPS yang di ajarkan di sekolah.
Salah satu fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1.
Bagaimana Perencanaan Implementasi Metode Contextual Teaching And
Learning Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VIII
MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember ?.
Salah satu tujuan dari skripsi ini yaitu:1. Umtuk mengetahui
bagaimana perencanaan Implementasi Metode Contextual Teaching And
Learning Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VIII
MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek
menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan datanya
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis Data
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu untuk menguji
kredibilitas data dengan cara mengecek data yang diperoleh melalui beberapa
sumber dan Triangulasi teknik yaitu pengumpulan data yang bersifat
menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang
telah ada.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1). Perencanaan
metode CTL (Contextual Taching And Learning ) gutu menggunakan modul
ajar dan media yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan siswa. 2).
Penerapan pembelajaran guru membentuk kelompok dan menyuruh setiap
kelompok membuat kliping tentang materi yang di ajarkan. 3). Pada evaluasi
guru melakukan evaluasi yang berkaitan dengan sikap, pengetahuan,
keterampilan, dan sosial peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miftahussurur Agustian
Date Deposited: 06 Jul 2025 08:51
Last Modified: 06 Jul 2025 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46879

Actions (login required)

View Item View Item