Pengaruh Pemasaran Hijau, Persepsi Nilai dan Kesadaran Lingkungan terhadap Niat Beli Ulang Konsumen Liberty Ecoprint Jember

Khilmatul Ba'idah, Anik (2025) Pengaruh Pemasaran Hijau, Persepsi Nilai dan Kesadaran Lingkungan terhadap Niat Beli Ulang Konsumen Liberty Ecoprint Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ANIK KHILMATULBA'IDAH_212105020103. wtm (2).pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Pemasara Hijau, Persepsi Nilai, kesadaran Lingkungan dan Niat beli Ulang.
Pemasaran hijau adalah pendekatan pemasaran yang fokus pada produk ataupun layanan yang ramah lingkungan. Konsumen yang sadar lingkungan cenderung mencari produk atau layanan yang dianggap ramah lingkungan, seperti produk yang menggunakan bahan-bahan daur ulang, diolah dengan metode yang berkelanjutan, ataupun memiliki label lingkungan.
Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah pemasaran hijau berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang konsumen Liberty Ecoprint Jember? 2) Apakah persepsi nilai berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang konsumen Liberty Ecoprint Jember? 3) Apakah kesadaran lingkungan berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang konsumen Liberty Ecoprint Jember? 4) Apakah pemasaran hijau, persepsi nilai dan kesadaran lingkungan berpengaruh secara simultan terhadap niat beli ulang konsumen Liberty Ecoprint Jember?
Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh pemasaran hijau terhadap niat beli ulang konsumen Liberty Ecoprint Jember. 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi nilai terhadap niat beli ulang konsumen Liberty Ecoprint Jember. 3) Untuk mengetahui pengaruh kesadaran lingkungan terhadap niat beli ulang konsumen Liberty Ecoprint Jember. 4) Untuk mengetahui pengaruh pemasaran hijau, persepsi nilali, dan kesadaran lingkungan secara simultan terhadap niat beli ulang konsumen Liberty Ecoprint Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran hijau, persepsi nilai dan kesadaran lingkungan terhadap niat beli ulang pada produk Liberty Ecoprint Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebesar 85 responden. Sampel penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner dan disebar melelui google form. Dalam penelitian ini data diolah dengan menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 26.
Hasil penelitian ini adalah variabel pemasaran hijau (X1), persepsi nilai (X2) dan kesadaran lingkungan (X3) berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap niat beli ulang (Y). Hal ini terlihat dari hasil uji f, nilai F hitung sebesar 38,55 dan nilai sig. yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Anik Khilmatul Ba'idah
Date Deposited: 05 Jul 2025 01:46
Last Modified: 05 Jul 2025 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46931

Actions (login required)

View Item View Item