Pengembangan media pembelajaran komik matematika berbasis moderasi beragama pada materi statistika kelas VIII

Amirudin, Muhammad (2025) Pengembangan media pembelajaran komik matematika berbasis moderasi beragama pada materi statistika kelas VIII. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD_AMIRUDDIN_T20187051 watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Muhammad Amirudin, 2025: Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Moderasi Beragama pada Materi Statistika Kelas VIII

Kata Kunci: Pengembangan Media, Komik Matematika, Moderasi Beragama, Statistika, ADDIE

Terdapat sebuah problematika di kelas VIII tepatnya di MTs Raden Fatah Puger dalam nilai matematika materi statistika siswanya masih belum mencapai target KKM sebesar 78 serta minat belajar siswa yang masih kurang terhadap pelajaran matematika khususnya materi statistika Maka dari itu peneliti ingin mengembangkan sebuah komik cerita dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni 1) Bagaimana proses media pembelajaran komik matematika berbasis moderasi beragama pada materi statistika kelas VIII? 2) Bagaimana kevalidan media pembelajaran komik matematika berbasis moderasi beragama pada materi statistika kelas VIII? 3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran komik matematika berbasis moderasi beragama pada materi statistika kelas VIII?
Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui proses media pembelajaran komik matematika berbasis moderasi beragama pada materi statistika kelas VIII 2) untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran komik matematika berbasis moderasi beragama pada materi statistika kelas VIII 3) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran komik matematika berbasis moderasi beragama pada materi statistika kelas VIII
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas VIII di MTs Raden Fatah Puger. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa media ini masuk dalam kategori “valid” dengan rata-rata nilai validasi sebesar 80%. Uji keefektifan melalui hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata post-test sebesar 80,37.
Hasil penelitian ini yakni 1) Proses pembelajaran yakni terdiri dari menganalisis, mendesain, mengembangkan, mengimplementasikan dan mengevaluasi media pembelajaran komik matematika. 2) Pembelajaran statistik pada cerita moderasi beragama layak digunakan dan telah divalidasi oleh para ahli dengan persentase 82% hingga 100%. Bisa dinyatakan bahwa hasil dari pengembangan komik cerita valid. 3) Efektif karena nilai siswa dapat meningkat sebesar 9,44% menjadi 80,37 dari nilai pre-test sebelumnya yang hanya memperoleh rata-rata 70,93, sedangkan nilai KKM rata-rata di sekolah untuk pembelajaran matematika sebesar 78%. Hal ini menunjukkan bahwa media tersebut sangat efektif. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa media komik telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010401 Applied Statistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr Muhammad Amirudin
Date Deposited: 05 Jul 2025 08:13
Last Modified: 05 Jul 2025 08:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47000

Actions (login required)

View Item View Item