Maskanah, Dewi (2025) Implementasi Ice Breaking Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Usia 4-5 Tahun Kelompok A di TK Kartika IX-38 Patemon Kecamatan Tanggul. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
DEWI MASKANAH_202101050042.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dewi Maskanah, 2025: Implementasi Ice Breaking Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Usia 4-5 Tahun Kelompok A di Taman Kanak-kanak Kartika IX-38 Patemon Kecamatan Tanggul
Kata Kunci : Implementasi Ice breaking , Menumbuhkan Motivasi Belajar
Dalam kegiatan pembelajaran dikelas sering sekali melihat anak yang mengantuk, merasa bosan dan mengalami kejenuhan. Hal ini disebabkan oleh semangat anak yang kurang stabil sehingga konsentrasinya menurun. Guru sebagai motivator bagi anak didik, seorang perlu adanya strategi yang tepat dalam menghidupkan suasana kelas, mengembalikan semangat anak agar termotivasi dalam belajarnya. Maka, guru perlu mengimplemntasi ice breaking dalam menumbuhkan motivasi belajar anak di Taman Kanak-kanak Kartika IX-38 Patemon.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua fokus penelitian yakni: 1) Bagaimana Implementasi Ice Breaking Dalam Menumbuhkan Motivasi Intrinsik Pada Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Kelompok A di Taman Kanak-kanak Kartika IX-38 Patemon Kecamatan Tanggul. 2) Bagaimana Implementasi Ice Breaking Dalam Menumbuhkan Motivasi Ekstrinsik Pada Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Kelompok A di Taman Kanak-kanak Kartika IX-38 Patemon Kecamatan Tanggul.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik subjek penelitian yakni Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil Penelitian ini (1) Implementasi ice breaking dalam menumbuhkan motivasi intrinsik pada anak usia 4-5 tahun kelompok A di Taman Kanak-kanak Kartika IX-38 Patemon dilaksanakan dengan a.menarik perhatian sebelum kegiatan pembelajaran inti dimulai dengan maenggunkan jenis ice breaking bentuk permainan yang melibatkan fisik motorik kasar, sehingga akan menetralkan perasaan anak yang belum memiliki kesiapan dalam belajar. b. Melakukan ice breaking dengan ekspresi wajah dan gerakan ritmik yang menyenangkan anak akan menunjukkan sikap aktif dan penuh ekspresif saat kegiatan pembelajaran.(2) Implementasi ice breaking dalam menumbuhkan motivasi ekstrinsik pada anak usia 4-5 tahun kelompok A di Taman Kanak-kanak Kartika IX-38 Patemon dilaksanakan dengan a.menciptakan kelas yang kondusif sehingga suasana kelas yang nyaman tanpa adanya ketegangan,b.merancang kegiatan pembelajaran yang unik dan menyenangkan sehingga anak akan merasa senang tanpa mengalami kebosanan.c.Memberikan bentuk apresiasi berupa nilai, dan pujian pada setiap keberhasilan anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Dewi Maskanah |
Date Deposited: | 06 Jul 2025 09:20 |
Last Modified: | 06 Jul 2025 09:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47086 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |