PERSONAL BRANDING DALAM AL-QUR'AN (ANALISIS TEORI PETER MONTOYA)

AMIN, Moh Rizal (2025) PERSONAL BRANDING DALAM AL-QUR'AN (ANALISIS TEORI PETER MONTOYA). Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
FILE SKRIPSI M. RIZAL A. S.Ag watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian mengenai eksplorasi konsep personal branding dalam perspektif Al-Qur’an dengan pendekatan tematik menjadi sebuah hal yang penting di tengah era revolusi industri 4.0 ini, yang di tandai dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat. Hal ini menyebabkan setiap individu berlomba-lomba dan bersaing untuk meningkatkan reputasi diri masing-masing, baik di media sosial atau dalam kehidupan sehari-hari. Konsep personal branding sering kali terjebak pada aspek luar semata tanpa fondasi nilai yang kokoh. Oleh karena itu, penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk menemukan landasan moral dan spiritual yang autentik dalam membangun citra diri, khususnya berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam.

Fokus dalam penelitian ini ada dua. Pertama, strategi membangun personal branding dalam al-Qur’an? Kedua, tujuan personal branding dalam al-Qur’an. Adapun tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk mendeskripsikan strategi membangun personal branding dalam al-Qur’an, Kedua, untuk mendeskripsikan tujuan personal branding dalam al-Qur’an.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research) dan analisis tematik terhadap ayat-ayat Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi kitab tafsir, buku teori komunikasi, serta referensi ilmiah yang relevan. Data dianalisis dengan merujuk pada teori personal branding Peter Montoya yang mencakup delapan pilar utama, seperti spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, dan konsistensi, lalu dipadukan dengan penafsiran ayat-ayat Qur’ani melalui metode tafsir tematik akademik.

Penelitian ini menunjukkan bahwa al-Qur’an telah memberikan pedoman etis dan spiritual dalam membentuk personal branding yang tidak hanya berorientasi pada citra publik, akan tetapi juga mencerminkan integritas pribadi, moralitas, dan kebermanfaatan sosial. Penelitian ini memperoleh dua kesimpulan. Pertama, tentang strategi membangun personal branding dalam al-Qur’an yang mencakup 8 pilar konsep personal branding Peter Montoya spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, keunikan, konsisten, integritas, keteguhan dan nama baik. Kedua, tentang tujuan personal branding dalam al-Qur’an yang memuat beberapa aspek, yaitu membangun akhlak yang baik, menjadi teladan bagi masyarakat, meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas, mengendalikan narasi diri, dan membangun koneksi yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190302 Professional Writing
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190399 Journalism and Professional Writing not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: moh rizal amin
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:48
Last Modified: 07 Jul 2025 03:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47172

Actions (login required)

View Item View Item