ALFARUQ, MOHAMMAD UMAR (2025) PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANANJEMEN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI MASRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
mohammad umar alfaruq fix.pdf Download (1MB) |
Abstract
Mohammad Umar Alfaruq, 2025 : Penerapan Sistem Informasi Mananjemen Dalam Meningkatkan Pelayanan terpadu Satu Pintu di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Jember
Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen, PTSP
Transformasi layanan pendidikan di era digital mendorong madrasah untuk mengadopsi teknologi informasi. Salah satu inovasi yang penting adalah penerapan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), yang mengintegrasikan berbagai layanan dalam satu sistem melalui Sistem Informasi Manajemen. Pentingnya PTSP bagi madrasah dan masyarakat adalah untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi birokrasi, serta mempercepat akses informasi dan proses administratif. Di MTsN 6 Jember, penerapan PTSP melalui aplikasi seperti PPDB online, e-learning, EMIS, dan sistem persuratan elektronik SRIKANDI memberikan kemudahan bagi siswa, orang tua, dan tenaga pendidik dalam mengakses layanan dengan cepat dan praktis.
Fokus Penelitian ini adalah 1) Bagaimana konsep perencanaan sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan terpadu satu atap (PTSP) di MTSN 6 Jember? 2) Bagaimana konsep penerapan sistem informasi manajemen untuk meningkatkan pelayanan terpadu satu atap (PTSP) di MTSN 6 Jember? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat untuk implementasi sistem informasi manajemen dalam pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) di MTSN 6 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana konsep perencanaan sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan terpadu satu Pintu di Madrasah Tsanwiyah Negeri 6 Jember 2)Untuk mengetahui bagaimana konsep penerapan sistem informasi manajemen untuk meningkatkan pelayanan terpadu satu Pintu di Madrasah Tsanwiyah Negeri 6 Jember 3) Untuk menganalisis apa saja faktor pendukung dan penghambat untuk implementasi sistem informasi manajemen dalam pelayanan terpadu satu pintu di Madrasah Tsanwiyah Negeri 6 Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang dilaksanakan di MTsN 6 Jember untuk memahami secara mendalam penerapan Sistem Informasi Manajemen dalam meningkatkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Subjek penelitian dipilih secara purposive, terdiri dari Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, serta para staf operasional dan pengelola SIM. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga teknik utama, yaitu wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi, yang bersumber dari data primer berupa hasil wawancara dan data sekunder berupa dokumen pendukung. Seluruh data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman yang mencakup tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan temuan, dilakukan uji kredibilitas data dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Rangkaian penelitian ini dilaksanakan melalui tiga tahapan besar, yakni perencanaan, pelaksanaan di lapangan, dan diakhiri dengan penulisan laporan penelitian..
Hasil penelitian ini adalah Pertama Perencanaan Sistem Informasi Manajemen di MTsN 6 Jember bertujuan meningkatkan mutu Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PT]SP) melalui pengelolaan sumber daya, perumusan tujuan, dan pemilihan metode layanan. Implementasinya mencakup fungsi manajemen serta mendukung operasional, pengambilan keputusan, dan penyediaan informasi yang relevan bagi peningkatan layanan Pendidikan. Kedua, Implementasi SIM di MTsN 6 Jember mendukung layanan PTSP melalui integrasi berbagai platform digital seperti PPDB Online, E-learning, EMIS, EMIS GTK, SRIKANDI, serta media sosial dan website sekolah. Sistem ini mempercepat pengelolaan dan distribusi data, sehingga layanan menjadi lebih efisien, akurat, dan mudah diakses oleh pengguna internal maupun eksternal. Ketiga, Faktor pendukung penerapan system informasi manajemen di MTsN 6 Jember mencakup komitmen pimpinan madrasah, tersedianya infrastruktur teknologi, serta kesiapan SDM yang melek digital. Namun, implementasi ini juga menghadapi hambatan seperti gangguan sistem saat trafik tinggi, yang dapat memengaruhi mutu pelayanan PTSP dari segi kecepatan, akurasi, dan aksesibilitas layanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080608 Information Systems Development Methodologies 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080609 Information Systems Management 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080610 Information Systems Organisation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mohammad Umar Alfaruq |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:01 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 04:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |