Wildana Zulfa, Bella Anjani (2025) ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES TENTANG STEREOTIP PEREMPUAN MUSLIMAH DALAM IKLAN WARDAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negri Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
WILDANA ZULFA BELLA ANJANI_211103010040.pdf Download (3MB) |
Abstract
Iklan sebagai produk media massa tidak hanya berfungsi sebagai alat
promosi, tetapi juga sebagai sarana konstruksi makna dan ideologi, termasuk dalam
pembentukan citra gender. Meskipun Wardah dikenal sebagai salah satu produk
halal yang mengangkat citra positif perempuan Muslimah, iklan Wardah masih
memuat simbol dan narasi yang mempertahankan nilai-nilai patriarki.
Fokus penelitian ini yaitu: (1) Apa Saja Bentuk Stereotip Perempuan
Muslimah Dalam Iklan Wardah? (2) Bagaimana Stereotip Perempuan Muslimah
ditampilkan dalam iklan Wardah? (3) Bagaimana Memaknai Stereotip Perempuan
Muslimah dalam iklan Wardah dengan menggunakan Analisis Semiotika Roland
Barthes? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bentuk stereotip
perempuan muslimah dalam iklan wardah (2) bagaimana iklan wardah
menampilkan stereotip perempuan muslimah, dan (3) maknah stereotip perempuan
muslimah dalam iklan melalui analisis semiotika roland barthes.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan
semiotika Roland Barthes yang menitik beratkan pada dua tingkatan makna, yaitu
denotasi dan konotasi, untuk mengungkap makna tersembunyi di balik elemen
visual dan naratif dalam iklan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bentuk stereotip perempuan
muslimah dalam Iklan Wardah. (1) Iklan Wardah menampilkan beragam stereotip
terhadap perempuan Muslimah, baik secara visual maupun naratif. (2) Representasi
perempuan muslimah dalam iklan wardah ditampilkan dalam narasi yang positif,
namun dalam tayangannya tetap mengandung elemen mitos yang memperkuat
nilai-nilai patriarki dan konstruksi sosial tertentu. Melalui elemen seperti warna,
simbol hijab, senyuman lembut, hingga aktivitas profesional, iklan ini menciptakan
citra perempuan Muslimah yang ideal, tetapi juga terbatas pada standar tertentu. (3)
Analisis semiotika Roland Barthes menunjukkan bahwa iklan Wardah membentuk
makna perempuan Muslimah sebagai sosok yang mampu menjaga fisik dan
spiritualitas sekaligus, dengan memenuhi standar kecantikan tertentu yang
ditetapkan oleh industri dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Semiotika Roland Barthes, Stereotip, Perempuan Muslimah, Iklan Wardah |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | wildana zulfa bella anjani |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:36 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 04:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47214 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |