UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS MIFTAHUL ULUM PROBOLINGGO DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL

Wasilatul, Bariroh and Wasilatul, Bariroh and Wasilatul, Bariroh and Wasilatul, Bariroh (2025) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS MIFTAHUL ULUM PROBOLINGGO DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wasilatul Bariroh_T20187084.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Upaya Guru, Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan matematika yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Karena dengan komunikasi siswa dapat mengerti dan memahami serta dapat mengembangkan konsep yang dipelajarinya. Guru memliki peran penting dalam peningkatan komunikasi matematis siswa, terutama melalui strategi pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif mengemukakan ide, menjelaskan alasan, serta mendiskusikan solusi dari permasalahan matematika.
Adapun fokus penelitian yang diambil yakni 1) Bagaimana cara guru dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas?
Adapun penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan cara guru dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Adapun metode yang digunakan yakni kualitatif deskriptif. Dengan jenis (Field Research). Teknik penentuan subjek melalui purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan Observasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan
yaitu terdiri dari 1) Pengumpulan data 2) kondensasi data 3) penyajian data 4) menarik kesimpulan. Kebsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Guru kelas VIII di MTS Miftahul Ulum menggunakan beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. a) memberikan tugas-tugas yang cukup memadai. b) guru menciptakan suasana interaktif. c) mengarahkan siswa agar aktif memproses berbagai macam ide dan gagasan d) penggunaan media seperti papan tulis interaktif dan diagram membantu siswa memvisualisasikan hubungan antar variabel. e) pembentukan kelompok dan
f) presentasi di depan kelas mendorong siswa untuk menjelaskan langkah-langkah penyelesaian soal secara jelas, dengan feedback dari guru untuk memperbaiki penggunaan istilah matematika. Metode-metode ini efektif dalam
mengasah kemampuan komunikasi matematis siswa. 2) Faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTS Miftahul Ulum antara lain keaktifan siswa dalam bertanya, berdiskusi, dan mempresentasikan ide, serta kinerja guru yang optimal. Pembelajaran yang dilakukan sebelum istirahat juga mendukung konsentrasi siswa. Namun, faktor penghambat mencakup perbedaan kemampuan siswa, kesulitan dalam membentuk kelompok heterogen, kebiasaan belajar individual, serta karakter siswa yang kurang disiplin. Selain itu, kondisi fisik dan psikis siswa serta penguasaan materi yang kurang juga menghambat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Skripsi Wasilatul Bariroh
Date Deposited: 07 Jul 2025 04:59
Last Modified: 07 Jul 2025 04:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47250

Actions (login required)

View Item View Item