Tuzzahra, Afifa (2025) Strategi Pendampingan terhadap Anak Ketergantungan Gadget melalui Peningkatan Literasi Anak oleh Komunitas Gubuk Pustaka Ndalung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
![]() |
Text
Afifa Tuzzahra_D20192007.pdf Download (4MB) |
Abstract
Ketergantungan anak terhadap gadget menjadi masalah yang dapat
menurunkan minat literasi dan kualitas interaksi sosial. Gubuk Pustaka Ndalung
di Kecamatan Ajung Kabupaten Jember hadir sebagai inisiatif komunitas yang
fokus pada peningkatan literasi anak, khususnya di Dusun Limbungsari melalui
pendampingan yang terarah untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Fokus pada penelitian ini 1) Bagaimana perencanaan yang diterapkan oleh
Gubuk Pustaka Ndalung untuk meningkatkan literasi bagi anak yang
ketergantungan gadget di Kecamatan Ajung Kabupaten Jember? 2) Bagaimana
pelaksanaan yang diterapkan oleh Gubuk Pustaka Ndalung untuk meningkatkan
literasi bagi anak yang ketergantungan gadget di Desa Ajung Kecamatan Ajung?
3) Bagaimana evaluasi Gubuk Pustaka Ndalung untuk meningkatkan literasi anak
yang ketergantungan gadget di Kecamatan Ajung Kabupaten Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan
dan evaluasi yang diterapkan Gubuk Pustaka Ndalung untuk meningkatkan
literasi anak yang ketergantungan gadget di Kecamatan Ajung Kabupaten Jember.
Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan
pendekatan deskriptif untuk menganalisis dan menggambarkan fenomena yang
ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi partisipatif,
wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi, guna memperoleh gambaran yang
komprehensif mengenai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang diterapkan
oleh Gubuk Pustaka Ndalung untuk meningkatkan literasi anak yang
ketergantungan gadget di Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Triangulasi yang
digunakan ada dua metode yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : perencanaan yang diterapkan
oleh Gubuk Pustaka Ndalung untuk meningkatkan literasi anak terdapat 2
perencanaan yaitu menyediakan buku berbagai macam dan edukasi terkait sains,
kesehatan, dan lingkungan, sedangkan pelaksanaan kegiatan yang diterapkan ada
3 yaitu membaca bersama, mengenalkan permainan tradisional, dan kegiatan seni.
Untuk mempertahankan keberlanjutan semua itu, maka diperlukan evaluasi yaitu
perspektif peserta didik dan keterbatasan fasilitas, sumber daya manusia, dan keterbatasan dana
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169903 Studies of Asian Society |
Depositing User: | ms Afifa Tuzzahra |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 06:23 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 06:23 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47264 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |