Kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam memecahkan soal matematika pada materi bilangan bulat kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al-Amien Ambulu Jember

Maula, Siti Romiatul (2025) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam memecahkan soal matematika pada materi bilangan bulat kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al-Amien Ambulu Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Rev_2025-07-03 Siti Romiatul Maula.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Siti Romiatul Maula, 2025: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Memecahkan Soal Matematika Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Al-Amien Ambulu Jember.
Kata Kunci: berpikir kreatif, soal matematika, bilangan bulat.

MTs Al-Amien Ambulu Jember merupakan lembaga pendidikan yang mendorong penguatan kemampuan berpikir kreatif siswa, khususnya dalam pembelajaran matematika. Materi bilangan bulat yang diajarkan di kelas VII menjadi fondasi penting untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah. Kemampuan berpikir kreatif matematis mencakup kelancaran, keluwesan, dan kebaruan dalam menyusun strategi penyelesaian soal, yang perlu diamati secara mendalam pada setiap siswa.
Tujuan penelitian ini; 1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi dalam memecahkan soal matematika pada materi bilangan bulat kelas VII di MTs Al-Amien Ambulu Jember. 2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang dalam memecahkan soal matematika pada materi bilangan bulat kelas VII di MTs Al-Amien Ambulu Jember. 3) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah dalam memecahkan soal matematika pada materi bilangan bulat kelas VII di MTs Al-Amien Ambulu Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subyek penelitian ini ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 6 subjek. Data diperoleh melalui tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian dicek menggunakan triangulasi Teknik dan Sumber.
Hasil penelitian mengindikasikan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kemampuan tinggi yang memenuhi tiga indikator yaitu Annisa Anggraini dan Ana Romaito memenuhi kelancaran, keluwesan dan kebaruan subjek mencoba mencari alternatif jawaban dan mengembangkan imajinasi serta berusaha untuk berpikir kreatif. 2). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kemampuan sedang yaitu yaitu Ayu Rida Hanni dan Yajit yang memahami soal tetapi hanya mencapai tingkat kelancaran dan kebaruan dan mencoba mencari alternatif lain tetapi masih ragu dalam menyelesaikannya. 3) Kemampuan berpikir kreatif kreatif matematis siswa kemampuan rendah yaitu Roni Riski Siregar dan Kirana Sazkia yang memberikan penyelesaian dan kurang dapat memberikan ide yang relevan pada saat penggunaan rumus matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Skripsi Siti Romiatul Maula
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:47
Last Modified: 07 Jul 2025 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47325

Actions (login required)

View Item View Item