PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA CANDI JABUNG MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX DI SMPN 1 NGULING PASURUAN

Effendi, Tinosadya (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA CANDI JABUNG MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX DI SMPN 1 NGULING PASURUAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KYAI HAJI ACMAD SIDDI JEMBER.

[img] Text
skripsi sadya(1).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Tinosadya 2025: “Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Etnomatematika Candi Jabung Dengan Soal High Order Thinking Skill Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Di SMPN 1 Nguling”

Kata kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Etnomatematika.
Banyak masalah pemahaman konsep terkait materi matematika yaitu bangun ruang sisi lengkung yang disebabkan karena pemilihan bahan ajar yang kurang tepat, Bahan ajar (learning materials) merupakan seperangkat materi pelajaran yang disusun secara urut dan sistematis serta mencantuman sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam kegiatan pembelajaran. pada penelitian ini peneliti membuat bahan ajar E-modul berbasis etnomatematika candi jabung dengan materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX di SMPN 1 Nguling.

Tujuan penelitian ini terdiri dari (1) Untuk mengetahui validitas pengembangan bahan ajar E-Modul berbasis etnonmatematika sebagai bahan ajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung, (2) Untuk mengetahui praktisitas pengembangan bahan ajar E-Modul berbasis etnonmatematika sebagai bahan ajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung, (3) Untuk mengetahui efektifitas pengembangan bahan ajar E-Modul berbasis etnonmatematika sebagai bahan ajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung pada siswa kelas IX SMPN 1 Nguling.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan berbasis researc and development (R&D), Menggunakan model 4D yang terdiri dari tahap . (1) tahap define, (2) tahap design, (3) tahap development, (4) tahap dissiminate, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, lembar validasi, angket respon siswa, dan soal post test, Subjek penelitian kali ini yaitu siswa kelas IX SMPN 1 Nguling.

Adapun hasil penelitian ini yang laksanakan selam 3 hari peneitlan sesuai dengan tahapan 4D di peroleh hasil presentasi penilaian validasi E-modul berbasis etnomatematika yang diperoleh dari para validator ahli yang pertama ahli media yaitu 65% , yang ke dua ahli materi 97% , yang ke tiga ahli pembelajaran 97%. Dan yang keempat respon guru yaitu 81% Dengan rata-rata keempat validator 85%. Sedangkan untuk kepraktisan media yaitu 85,5% dari angket siswa, Serta efektifitas mendapatkan 95% untuk respon siswa dengan demikian E-modul berbasis etnomatematika candi jabung masuk kategori valid dalam pembelajaran bangun ruang sisi lengkung pada siswa kelas IX SMPN 1 Nguling.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: MR Tinosadya Rhein Astri Sandy Effendi
Date Deposited: 07 Jul 2025 08:21
Last Modified: 07 Jul 2025 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47353

Actions (login required)

View Item View Item