SHOLIHAH, QORI'ATUS (2025) IMPLEMENTASI METODE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF (MIMA) 56 SALAFIYAH SYAFI’IYAH KECAMATAN TEMPUREJO JEMBER. Diploma thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Qori’atus Sholihah NIM T20184076.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengeluarkan kebijakan dalam pengembangan Kurikulum Merdeka pada satuan pendidikan sebagai opsi tambahan dalam rangka pemulihan pembelajaran selama tahun 2022-2024. Kurikulum tersebut akan diterapkan seluruh sekolah di Indonesia. Salah satu mata pelajaran pembaharuan pada Kurikulum Merdeka adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang digabung menjadi satu kesatuan mata pelajaran yang saat ini disebut sebagai Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Dalam konteksl pembelajaranl IPASl sering kalil adal tantanganl yangl muncull terkaitl denganl tingkatl pemahamanl danl keaktifanl siswal dalaml mengikutil pembelajaran.l Makal guru-gurul seringl kalil menghadapil kesulitanl dalaml menjelaskanl konsep-konsepl IPASl yangl kompleksl kepadal siswal sehinggal siswal kurangl tertarikl danl kurangl aktifl dalaml pembelajaran. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengatasi problem tersebut yaitu dengan menggunakan metode Talking Stick.
Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi metode Talking Stick pada mata pelajaran IPAS kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) 56 Salafiyah Syafi’iyah Kabupaten Tempurejo Jember? (2) Apa hambatan metode Talking Stick pada mata pelajaran IPAS kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) 56 Salafiyah Syafi’iyah Kabupaten Tempurejo Jember?
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Milles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari data condensation, data display dan conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) implementasi metode talking stick pada pembelajaran IPAS kelas V MIMA 56 Salafiyah Syafi’iyah Tempurejo yaitu: a. Perencanaan, dilakukan dengan kegiatan rapat dewan guru untuk menentukan metode yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan dan dilanjutkan dengan penyusunan modul ajar. b. Pelaksanaan pembelajaranl terdiri dari 3 tahapan yaitu:l kegiatanl pembuka,l kegiatanl inti,l danl kegiatanl penutup. c. Evaluasi, respon siswa terhadapl metodel talkingl stickl itul sendiril padal pembelajaranl IPAS.l Padal aspek ini,l evaluasil dilakukanl denganl beberapal caral sepertil secaral lisan,l tugasl tertulisl danl observasil sikap. (2) Adapun hambatan dalam implementasi metode talking stick, terdiri dari dua aspek yaitu: a. Faktor internal, keterbatasan waktu, kurangnya pemahaman siswa, dan kurangnya fokus siswa. b. Faktor eksternal, kondisi lingkungan belajar, keterbatasan media, dan minimnya interaksi antar siswa, sehingga hal tersebut perlu dikelola dengan baik agar hasilnya optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Talking Stick, IPAS |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms QORI'ATUS SHOLIHAH |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 08:28 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 08:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47360 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |