Pengembangan Media Pembelajaran PAGER (Papan Geser) Berbantuan Strategi Index Card Match Materi Penjumlahan Kelas II MIN 4 Jember

Rohman, Eva Farihatur (2025) Pengembangan Media Pembelajaran PAGER (Papan Geser) Berbantuan Strategi Index Card Match Materi Penjumlahan Kelas II MIN 4 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Eva.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Eva Farihatur Rohman, 2025: Pengembangan Media Pembelajaran PAGER (Papan Geser)Berbantuan Strategi Index Card Match Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Kelas II MIN Jember
Kata Kunci: Pengembangan, Papan Geser, Matematika
Media pembelajaran memegang peranan penting dalam proses pendidikan. Kebutuhan penggunaan media pembelajaran untuk mendukung hasil belajar peserta didik sangatlah penting. Terutama pada mata pelajaran Matematika materi Penjumlahan. Di MIN 4 Jember, ketersediaan media pembelajaran masih terbatas, hanya berupa modul ajar dan sempoa. Salah satu inovasi yang dikembangkan adalah media pembelajaran. Salah satu inovasi yang dikembangkan adalah media PAGER (Papan Geser), yaitu papan penjumlahan yang dilengkapi dengan angka-angka berderet yang dapat digeser dibagian atas dan labirin dibagian bawah untuk menuliskan soal. Desain media ini dibuat menarik untuk meningkatkan minat dan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran.
Penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana desain pengembangan media PAGER (Papan Geser) pada materi penjumlahan kelas II MIN 4 Jember?, (2) Bagaimana kelayakan pengembangan media PAGER (Papan Geser) pada materi penjumlahan kelas II MIN 4 Jember?, (3) Bagaimana kepraktisan pengembangan media PAGER (Papan Geser) pada materi penjumlahan kelas II MIN 4 Jember? (4) Bagaimana efektifitas pengembangan media PAGER (Papan Geser) pada materi penjumlahan kelas II MIN 4 Jember?.
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengembangkan media PAGER (Papan Geser) pada materi penjumlahan kelas II MIN 4 Jember, (2) Untuk mendeskripsikan kelayakan produk pengembangan media PAGER (Papan Geser) pada materi penjumlahan Kelas II MIN 4 Jember, (3) Untuk mendeskripsikn media PAGER (Papan Geser) pada materi penjumlahan kelas II MIN 4 Jember (4) Untuk mendeskripsikan keefektifan media PAGER (Papan Geser) pada materi penjumlahan Kelas II MIN 4 Jember.
Pengembangan media pembelajaran PAGER (Papan Geser) menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang mencakup lima tahapan: Analysis (analisis), Design (desain) , Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Produk yang dikembangkan adalah media PAGER (Papan Geser) mata pelajaran Matematika materi Penjumlahan untuk kelas II MIN 4 Jember,. 2) Hasil rata-rata kelayakan media dari ketiga validator adalah 90%. 3) hasil kepraktisan mencapai 89% dengan kategori sangat praktis. 4) Dan hasil keefektifan yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest adalah 78%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pada media PAGER (Papan Geser) dapat dikategorikan sangat praktis, efektiv dan sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms Eva Farihatur Rohman
Date Deposited: 08 Jul 2025 01:32
Last Modified: 08 Jul 2025 01:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47488

Actions (login required)

View Item View Item