Mansuni, Lia (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA RUMAH MAKAN SEDERHANA DI KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Skripsi 2025 Lia Mansuni_E20182336_.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Lia Mansuni, 2023 : Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Rumah Makan Sederhana di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember.
Strategi pemasaran merupakan kombinasi dari bauran pemasaran yang diterapkan olah pemilik rumah makan sederhana untuk malayani pasarnya sehingga dapat berfungsi sebagai senjata yang tepat untuk melawan persaingan pasar. Supaya dapat berkembang di kalangan masyarakat dalam menjalankan bisnis rumah makan sederhana
Fokus Penelitian dari penelitian ini yaitu : 1)Bagaimana penerapan starategi Pemasaran yang di hadapi oleh pemilik rumah makan sederhana untuk mempertahankan usahanya di kalangan para pesaing ? 2) Bagaimana foktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran yang dihadapi oleh pemilik rumah makan sederhana untuk mempertahankan usahanya di kalangan para pesaing ?.
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1)Untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran yang dihadapi oleh pemilik rumah makan sederhana untuk mempertahankan usahanya di kalangan para pesaing. 2)Untuk mengetahui faktor pendukung dan pengambat strategi pemasaran yang di hadapi oleh pemilik rumah makan sederhana untuk mempertahankan usahanya di kalangan para pesaing.
Pendekatan penelitian yang digunakan penulis adalah pendekatan ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian ini bersifat deskriptif, teknik penelitian ini menggunkan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan : 1. Strategi rumah makan sederhana sebelum mengenal media sosial mereka menawarkan produknya kepada masyarakat sekitar, konsumen dan pelanggan. Setelah mengenal media sosoal dan memanfatkan teknologi untuk mempromosikan produknya sehingga dapat meningkatkan penjualan. 2. Faktor pendukung pada rumah makan sederhana mempunyai menu unik pada hidangan untuk menarik konsumen membeli produknya. Dan memiliki bonus kinerja pada karyawan untuk mengembangkan usahanya di kalangan para pesaing. Untuk faktor penghambat adanya kendala pada modal usaha dapat berpengaruh kepada hasil penjualan sehingga banyaknya para pesaing ikut serta dalam menjalankan bisnis berlangsung sehingga dapat berpengaruh kepada hasil penjualan dalam persaingan.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, UMKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150302 Business Information Systems |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan Lia Mansuni |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 01:54 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 01:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47515 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |