Pengembangan Alat Peraga Kotak Pintar Listrik (Kotarik) Mata Pelajaran IPA Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sidomukti Mayang Jember Tahun Ajaran 2024/2024

Wulandari, Yeni (2025) Pengembangan Alat Peraga Kotak Pintar Listrik (Kotarik) Mata Pelajaran IPA Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sidomukti Mayang Jember Tahun Ajaran 2024/2024. Diploma thesis, UIN KH Ahmad Siddiq JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI SIDANG YENI WATERMARK_removed.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pembelajaran yang beragam menjadi hal utama untuk mendukung proses belajar mengajar. Salah satunya, penggunaan alat peraga dalam pembelajaran sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di MI Miftahul Ulum Sidomukti teridentifikasi bahwa belum pernah menggunakan alat peraga, sehingga dampaknya siswa kurang optimal dalam belajar dan penyampaian materi kurang jelas dan rinci.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan alat peraga Kotak Pintar Listrik (Kotarik) pada mata pelajaran IPA materi seri dan paralel kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sidomukti Mayang Jember Tahun Ajaran 2024/2025, (2) Mendeskripsikan kelayakan alat peraga Kotarik(Kotak Pintar Listrik) pada mata pelajaran IPA materi seri dan paralel kelas VI, (3) Mendeskripsikan kepraktisan alat peraga Kotak Pintar Listrik (Kotarik) pada mata pelajaran IPA materi seri dan paralel kelas VI, (4) Mendeskripsikan keefektifan alat peraga Kotak Pintar Listrik (Kotarik) pada mata pelajaran IPA materi seri dan paralel kelas VI, sesuai dengan rumusan masalah yang ada.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, serta tes pretest dan posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sidomukti Mayang Jember. Validasi dilakukan oleh satu ahli media, satu ahli materi, serta satu guru IPA sebagai ahli pembelajaran untuk menilai kelayakan alat peraga sebelum diujicobakan kepada siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan alat peraga didesain sangat praktis, efektif, dan menarik untuk dipahami siswa, (2) Pengembangan alat peraga Kotarik(Kotak Pintar Listrik) memiliki tingkat kelayakan sebesar 84% pada kategori layak berdasarkan validasi ahli, (3) Kepraktisan alat peraga berdasarkan angket respon guru dan siswa mencapai 70% pada kategori praktis, (4) Keefektifan berdasarkan peningkatan hasil belajar siswa dari pretest ke posttest menunjukkan peningkatan sebesar 97% pada kategori sangat efektif. Dengan demikian, alat peraga Kotak Pintar Listrik (Kotarik) layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi rangkaian listrik seri dan paralel dalam mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Alat Peraga Kotak Pintar Listrik (Kotarik), Mata Pelajaran IPA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Yeni T20184086
Date Deposited: 08 Jul 2025 02:17
Last Modified: 08 Jul 2025 02:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47527

Actions (login required)

View Item View Item