Yuliana, Dwi (2025) PENGARUH EFIKASI DIRI, KEBIASAAN BELAJAR DAN PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 AMBULU JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
watermark Dwi Yuliana T20197047 (1).pdf Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci : Efikasi Diri, Kebiasaan Belajar, Prokrastinasi Akademik, Hasil
Belajar
Berbagai macam faktor internal yang bisa mempengaruhi hasil belajar
siswa, salah tiga faktor mempengaruhi hasil belajar adalah efikasi diri, kebiasaan
belajar dan prokrastinasi akademik yang berupakan bentuk perilaku psikologis
yang penting dalam diri siswa yang dapat mempengaruhi dan mendorongsiswa
untuk memenuhi tanggung jawab dari berbagai ketentuan yang telah ditetapkan
sekolah.
Rumusan masalah pada penelitian ini: 1) Adakah pengaruh efikasi diri
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Ambulu Jember? 2)
Adakah pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas
VIII SMPN 2 Ambulu Jember? 3) Adakah pengaruh prokrastinasi akademik
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Ambulu Jember? 4)
Adakah pengaruh efikasi diri, kebiasaan belajar dan prokrastinasi akademik secara
bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2
Ambulu Jember?
Tujuan penelititian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh efikasi diri
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Ambulu Jember. 2)
Untuk mengetahui pengaruh kebiasan belajar terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas VIII SMPN 2 Ambulu Jember. 3) Untuk mengetahui pengaruh
prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN
2 Ambulu Jember. 4) Untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, kebiasaan belajar
dan prokrastinasi akademik secara bersama-sama terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Ambulu Jember.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan
pendekatan kuantitatif. Teknik probability yaitu cluster random sampling sebagai
pemilihan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen dan angket.
Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, pada
statistik inferensial menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) ada pengaruh signifikan efikasi
diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Ambulu Jember
dengan nilai sig. sebesar 0,005. 2) tidak ada pengaruh signifikan kebiasaan belajar
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Ambulu Jember
dengan nilai sig. sebesar 0,051. 3) ada pengaruh signifikan prokrastinasi akademik
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Ambulu Jember
dengan nilai sig. sebesar 0,007. 4) ada pengaruh signifikan efikasi diri, kebiasaan
belajar dan prokrastinasi akademik secara bersama-sama terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Ambulu Jember yang diuji dengan uji F
diperoleh nilai sig. sebesar 0,000.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Efikasi Diri, Kebiasaan Belajar, Prokrastinasi Akademik, Hasil Belajar |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Dwi Yuliana Nana |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 03:51 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 03:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47598 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |