Handayani, Wuri (2025) Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam bagi Muallaf di Masjid Muhammad Cheng Hoo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
Wuri Handayani - Skripsi (Watermark).pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Wuri Handayani, 2024: Penanaman Aspek-aspek Pendidikan Islam bagi Muallaf di
Masjid Muhammad Cheng Hoo Kabupaten Jember.
Kata kunci: penanaman pendidikan agama Islam, muallaf.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembinaan muallaf yang tepat dan
berkelanjutan di Masjid Muhammad Cheng Hoo Kabupaten Jember. Khususnya, bagi
kalangan etnis Tionghoa. Pada umumnya, penelitian-penelitian terdahulu hanya
menyoroti salah satu nilai yang diajarkan dalam Islam, sedangkan dalam penelitian ini
mengkaji tiga nilai sekaligus yakni akidah, syariat, dan akhlak. Tidak kalah penting,
penelitian ini menyoroti pendekatan yang lembut dan menerapkan penyesuaian budaya
agar muallaf merasa diterima dengan baik. Penggunaan kitab klasik dan buku fikih
sebagai media pembinaan muallaf masih jarang disentuh dalam penelitian lain. Selain itu,
juga didorong oleh kebutuhan pembinaan yang tidak hanya bersifat seremonial, tetapi
juga benar-benar mampu menginternalisasikan a akidah, syariat, dan akhlak.
Dilihat dari konteks kehidupan sehari-hari, kata “muallaf” menunjuk pada orang
yang ke-Islamannya tidak sejak lahir. Artinya, seseorang dikatakan muallaf jika awalnya
dia beragama tertentu. Kemudian, memutuskan untuk masuk Islam. Maka menanamkan
nilai-nilai pendidikan Islam merupakan dakwah tauhid untuk memperkuat iman para
muallaf. Sebagaimana para muallaf yang terdapat di Masjid Muhammad Cheng Hoo
Kabupaten Jember yang membutuhkan bimbingan untuk menjaga akidah para muallaf
agar mampu mengembangkan diri sebagai pribadi yang berkarakter kuat atas
keyakinannya.
Penelitian ini memiliki fokus yaitu 1) Bagaimana penanaman nilai-nilai akidah
bagi muallaf di Masjid Muhammad Cheng Hoo Kabupaten Jember? 2) Bagaimana
penanaman nilai-nilai syariat bagi muallaf di Masjid Muhammad Cheng Hoo Kabupaten
Jember? 3) Bagaimana penanaman nilai-nilai akhlak bagi muallaf di Masjid Muhammad
Cheng Hoo Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penanaman
nilai akidah, syariat, dan akhlak bagi muallaf di Masjid Muhammad Cheng Hoo
Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologis. Subyek penelitian ini meliputi ustadz, muallaf, dan marbot. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model
interaktif yang berpedoman pada Miles Huberman dan Johny Saldana yaitu kondensasi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai akidah bagi muallaf
di Masjid Muhammad Cheng Hoo Kabupaten Jember dilakukan secara bertahap melalui
pra-syahadat, pengikraran, dan pasca syahadat dipadukan dengan kajian Kitab Nasooihul
‘Ibad dan metode interaktif-dialogis.. Penanaman nilai-nilai syariat ditunjukkan bahwa
pembinaan ibadah dilakukan secara bertahap melalui praktik wudhu, sholat, zakat, puasa,
haji dan tadarrus Al-Qur’an, dipadukan dengan kajian fikih dan metode interaktif
dialogis. Penanaman nilai-nilai akhlak dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan,
dimulai dari pengenalan dan kesadaran, pengembangan sikap dan perilaku,
pengembangan karakter mandiri, penguatan toleransi, evaluasi dan pendampingan
berkelanjutan dengan metode Metode pembiasaan, keteladanan dan pendampingan
spiritual-sosial, hubungan sosial, penjagaan lisan dan kolaborasi lintas lembaga atau
komunitas dipadukan dengan kegiatan keagamaan dan sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Wuri Handayani |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:09 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 07:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47652 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |