Dewi Wulandari, Regita (2025) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI MI AL-MU’ARIF AL-MUBAROK PATRANG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
SKRIPSI REGITA DEWI WULANDARI.pdf Download (13MB) |
Abstract
Regita Dewi Wulandari, 2025: Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Di MI Al-Mu’arif Al-Mubarok Patrang Jember.
Kata Kunci : P5, Pembelajaran IPAS, Evaluasi Hasil Belajar
Rendahnya hasil belajar peserta didik Indonesia dalam literasi dan numerasi menurut hasil PISA (Programme for International Student Assesment) 2019 menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran baru yang lebih kontekstual dan bermakna. Salah satu strategi yang diadopsi dalam Kurikulum Merdeka adalah penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin yang bertujuan membentuk karakter, meningkatkan kreativitas, serta mendorong hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran berbasis proyek. Berdasarkan observasi awal di MI Al-Mu’arif Al-Mubarok Patrang Jember adanya antusiasme dan keterlibatan aktif dari guru, siswa, dan orang tua dalam pelaksanaan P5 dan PPRA, namun belum terdapat penelitian mendalam yang mengkaji dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar, khususnya pada mata pelajaran IPAS sehingga hal ini menjadi suatu hal penting dilakukannya penelitian ini.
Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kelas IV Di MI Al Mu’arif Al Mubarok Patrang Jember? 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran IPAS pada kelas IV Di MI Al Mu’arif Al Mubarok Patrang Jember? 3)Bagaimana Evaluasi Belajar Pada kelas IV Di MI Al Mu’arif Al
Mubarok Patrang Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kelas IV Di MI Al Mu’arif Al Mubarok Patrang Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPAS pada kelas IV Di MI Al Mu’arif Al Mubarok Patrang Jember. 3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi Belajar Pada kelas IV Di MI Al Mu’arif Al Mubarok Patrang Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Tehnik penhumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini diantaranya 1) Implementasi P5 dilakukan melalui proyek bertema "Kearifan Lokal" dengan membuat peta Indonesia dari bahan daur ulang oleh peserta didik kelas IV. Adapun proyek ini melibatkan perencanaan kolaboratif antara guru, kepala madrasah, dan seluruh dewan guru, serta dilaksanakan setiap hari Sabtu sesuai jadwal P5 madrasah. 2) Pembelajaran IPAS menggabungkan materi IPA dan IPS yang berawal dari semester satu yang berfokus pada pembelajaran IPA dan semester dua akan membahas tentang keberagaman budaya dalam IPS. Maka dari itu proyek P5 akan lebih terintegrasi dengan pembelajaran IPAS serta dapat memperkuat pemahaman konsep melalui kegiatan langsung dan kontekstual. 3) Dalam melihat perkembangan peserta didik dalam hal ini maka tahap akhir akan mengadakan evaluasi yang dilakukan pada tiga ranah: kognitif, afektif, dan psikomotorik, melalui metode seperti tes tulis, observasi, portofolio, dan penilaian proyek. Evaluasi ini melibatkan guru, kepala madrasah, serta umpan balik dari orang tua untuk mengetahui perkembangan siswa secara menyeluruh dan meningkatkan strategi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email rere030521@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:25 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 07:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |