Peran Kegiatan Pramuka Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Dasar Anak Tunagrahita Di SLB Negeri Branjangan Jember

Nikma, Herlina Hidayatun (2025) Peran Kegiatan Pramuka Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Dasar Anak Tunagrahita Di SLB Negeri Branjangan Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI WATERMARK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tunagrahita merujuk pada kondisi anak yang memiliki kecerdasan jauh dibawah rata-rata, ditandai dengan keterbatasan intelektual dan kesulitan dalam berkomunikasi sosial. Ekstrakurikuler pramuka memberikan peluang bagi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan sosial dasarnya seperti, kerjasama dan bersikap tegas. Dalam hal ini terdapat peran penting dari kegiatan pramuka yang membantu anak tunagrahita dapat meningkatkan keterampilan sosial dasarnya dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana kegiatan pramuka dalam meningkatkan keterampilan sosial dasar pada anak tunagrahita di SLB Negeri Branjangan Jember. 2) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan kegiatan pramuka dalam pengembangan keterampilan sosial dasar anak tunagrahita. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kegiatan pramuka ini mampu meningkatkan keterampilan sosial dasar pada anak tunagrahita terutama dalam aspek kerjasama (cooperation) dan bersikap tegas (assertion), 2) Faktor yang mempengaruhi keberhasilan kegiatan pramuka dalam meningkatkan keterampilan sosial dasar anak tunagrahita diantaranya adalah a) Keterlibatan aktif anak dalam kerja sama kelompok, b) Mampu bersikap tegas dalam pelaksanaan kegiatan pramuka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Herlina Herlina Hidayatun Nikmaa
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:42
Last Modified: 08 Jul 2025 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47664

Actions (login required)

View Item View Item