Miftahur Rohmah, Silmia (2025) HUBUNGAN REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA SMA NURIS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
![]() |
Text
Silmia Miftahur Rohmah .pdf Download (4MB) |
Abstract
Silmia Miftahur Rohmah, 2025: Hubungan Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Biologi Kelas X SMA Nuris Jember.
Kata Kunci: Reward, Punishment, Motivasi Belajar, Biologi, SMA
Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi keberhasilan siswa dalam memahami materi pelajaran, termasuk dalam mata pelajaran Biologi yang dikenal dengan pemahaman konsep dan hafalan yang cukup kompleks. Salah satu upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar adalah melalui penerapan metode reward (penghargaan) dan punishment (hukuman). Namun, efektivitas penerapan kedua metode tersebut masih menjadi pertanyaan dan perlu diteliti secara mendalam.
Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: (1) Apakah terdapat hubungan antara reward dengan motivasi belajar Biologi siswa kelas? Dan (2) Apakah terdapat hubungan antara punishment dengan motivasi belajar Biologi siswa?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Nuris Jember yang berjumlah 68 siswa, dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, linearitas dan korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS versi 27.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara reward dengan motivasi belajar siswa (r = 0,952; sig = 0,001) serta hubungan yang signifikan antara punishment dengan motivasi belajar siswa (r = 0,880; sig = 0,001). Temuan ini membuktikan bahwa penerapan reward dan punishment secara tepat dapat meningkatkan motivasi belajar, dengan reward menunjukkan pengaruh yang lebih dominan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Silmia Miftahur Rohmah |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:45 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 07:45 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47670 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |