PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2024/2025

Dharma Putra, Muhammad Difiansyah (2025) PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
M. Difiansyah Dharma.pdf

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Difiansyah Dharma Putra, 2025: Penggunaan Media Crossword Puzzle
pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan
Keaktifan Belajar Siswa di Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember Tahun
ajaran 2024/2025
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Crossword Puzzle, Keaktifan
Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Banyak faktor menyebabkan rendahnya keaktifan belajar siswa: metode ceramah
dan catat yang monoton, minimnya penerapan media inovatif, dan rendahnya motivasi.
Observasi awal menunjukkan pembelajaran PAI-BP cenderung membosankan dan kurang
menarik, karena variasi metode dan media sangat terbatas. Kondisi ini mengindikasikan
ketidakefektifan proses pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa. Oleh karena
itu, dilakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan penerapan media Crossword Puzzle untuk
mengatasi masalah tersebut.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas peneliti merumuskan permasalahan: 1)
Bagaimana penggunaan media Crossword Puzzle pada pembelajaran Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti di Kelas XI SMK N 5 Jember?, 2) Apakah penggunaan media
pembelajaran Crossword Puzzle dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada Mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas XI SMK Negeri 5 Jember?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan media
Crossword Puzzle pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas
XI SMK Negeri 5 Jember. 2) Untuk mengetahui Apakah penggunaan media pembelajaran
Crossword Puzzle dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada Mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas XI SMK Negeri 5 Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan kelas dengan model PTK
Kemmis dan Mc taggart. Teknik pengumpulan data kualitatifnya menggunakan observasi,
tes,
wawancara, dan dokumentasi, lalu untuk pengumpulan data kuantitatifnya
menggunakan tes tulis dan angket. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan
kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Serta
Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.
Penggunaan media Crossword Puzzle terbukti efektif meningkatkan keaktifan
belajar siswa melalui tahapan pembelajaran (pendahuluan, kegiatan inti, penutup). Meski
pada siklus I terdapat kendala seperti partisipasi dan interaksi yang rendah, perbaikan
strategi meliputi pengelompokan ulang dan penyajian media yang lebih menarik pada
siklus II berhasil meningkatkan keterlibatan siswa secara signifikan. Pada siklus I keaktifan
mencapai 67,19%, angket 71,72%, dan hasil belajar 73,78%, di lanjut siklus II keaktifan
meningkat menjadi 83,50%, angket 83,63%, dan hasil belajar melonjak menjadi 91,81%.
Secara keseluruhan, rata-rata keaktifan meningkat sebesar 16,31% dari siklus I ke II.
Temuan ini mengonfirmasi bahwa media Crossword Puzzle secara signifikan mampu
meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa PAI-BP di Kelas XI SMK Negeri 5
Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Difiansyah Dharma Putra
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:50
Last Modified: 08 Jul 2025 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47675

Actions (login required)

View Item View Item