Kurniawan, Syafril Bagas (2025) MANAJEMEN TATA USAHA DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH KALIWINING RAMBIPUJI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
Syafril Bagas Kurniawan_212101030084.pdf Download (2MB) |
Abstract
Syafril Bagas Kurniawan, 2025: Manajemen Tata Usaha Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Kaliwining Rambipuji Jember
Kata kunci: tata usaha, mutu pendidikan.
Penelitian ini penting dilakukan karena mutu pendidikan merupakan fondasi kunci bagi pembangunan berkelanjutan, yang tidak hanya membekali individu dengan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga mendorong inovasi, pemerataan sosial, dan pembentukan karakter. penelitian ini akan memberikan gambaran konkret tentang strategi perencanaan, pengendalian, dan perbaikan mutu pendidikan—sesuai standar nasional dan prinsip Islam yang menekankan keseimbangan dunia-akhirat serta tanggung jawab sosial. Hasilnya dapat menjadi model bagi lembaga pendidikan lain dalam mewujudkan sistem penjaminan mutu yang holistik, akuntabel, dan berkelanjutan.
Fokus penelitian ini yakni: Bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan manajemen tata usaha dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs Kaliwining Rambipuji. Tujuan penelitian ini yakni: 1) untuk Mendeskripsikan perencanaan tata usaha dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs Kaliwining Rambipuji 2) Mendeskripsikan pengorganisasian tata usaha dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs Kaliwining Rambipuji 3) Mendeskripsikan pelaksanaan tata usaha dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs Kaliwining Rambipuji 4) mendeskripsikan pengawasan tata usaha dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs Kaliwining Rambipuji.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif degan jenis penelitian (field research) penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Mengenai analisis data menggunakan teori dari Matthew B milles, A.Michael, Huberman, dan Johny Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) perencanaan tata usaha berperan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui administrasi yang tertata, RAPBS yang akuntabel, dan persiapan akreditasi yang melibatkan kolaborasi antar-stakeholder. 2) pengorganisasian dan pelaksanaan dilakukan dengan pembagian tugas yang jelas, digitalisasi data, serta koordinasi intensif, sehingga mendukung kelancaran operasional madrasah dan memungkinkan guru fokus pada pembelajaran. 3) pengawasan melalui monitoring rutin dan evaluasi kinerja staf terbukti meningkatkan akurasi data, ketepatan anggaran, serta serapan dana, yang berdampak positif pada mutu pendidikan secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | syafril Bagas Kurniawan |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 08:35 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 08:35 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47712 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |