TRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI KEGIATAN JUM’AT BERKAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI WARUNG KOPI MADJOE MAPAN

Mudhar, Zidqi (2025) TRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI KEGIATAN JUM’AT BERKAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI WARUNG KOPI MADJOE MAPAN. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zidqi Mudhar (D20191045).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Zidqi Mudhar, 2025: Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Kegiatan Jum’at
Berkah dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Warung Kopi Madjoe Mapan
Kata Kunci: strategi komunikasi pemasaran, meningkatkan jumlah pengunjung,
jum‘at berkah, warung kopi madjoe mapan
Menurut data statisik kopi Indonesia, Jawa Timur merupakan salah satu
provinsi yang termasuk penghasil kopi terbesar di Indonesia. Salah satu daerah
yang merupakan penghasil kopi terbesar yang menduduki posisi ketiga di Jawa
Timur adalah Kabupaten Jember. salah satu kopi terbaik yang dihasilkan adalah
kopi robusta. Oleh sebab itu penduduk Kabupaten Jember memanfaatkan peluang
tersebut untuk berprofesi sebagai pengusaha warung kopi. Pada zaman modern
ini, warung kopi memang banyak dijumpai di berbagai daerah dan juga banyak
diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari remaja, anak sekolahan, mahasiswa,
sampai orang tua. Salah satu warung kopi yang cukup digemari oleh banyak
kalangan karena lokasinya yang cukup unik dan strategis adalah warung kopi
Madjoe Mapan yang berlokasi di Pasar Gebang Jember.selain karena pemilihan
lokasi yang tepat, warung kopi Maadjoe mapan juga menggunakan beberapa
strategi komunikasi untuk dapat meningkatkan jumlah pengunjungnya. Waurng
kopi Madjoe Mapan menggunakan dua strategi komunikasi yaitu, memanfaatkan
sosial media Instagram untuk membagikan kegiatan-kegiatan seperti kopdar
bersama Madjoe Mapan dan Jumat Berkah.
Fokus Penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana strategi komunikasi pemasaran
yang diterapkan oleh warung kopi Madjoe Mapan dalam meningkatkan jumlah
pengunjung di Kabupaten Jember. 2). Bagaimana peningkatan jumlah pengunjung
warung kopi Madjoe Mapan dengan menggunakan strategi komunikasi pemasaran
yang diterapkan.
Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui strategi komunikasi
pemasaran yang diterapkan oleh warung kopi Madjoe Mapan. 2). Untuk
mengetahui peningkatan jumlah pengunjung di warung kopi Madjoe Mapan
dengan menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan.
Penelitian ini mengguanakn metode penelitian kualitatif dengan jenis
pendekatan deskriptif. Dan dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan
tiga teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, dokumentasi dan observasi.
Penelitian ini menunjukan bahwa warung kopi Madjoe Mapan
menggunakan dua strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah
pengunjung yaitu, kegiatan Jumat Berkah yang dilakukan setiap minggu dengan
memberikan kopi dan makanan gratis untuk setiap pengunjung yang datang di
hari jumat tersebut. Yang kedua yaitu pemanfaatan media sosial menggunakan
aplikasi Instagram untuk mempromosikan produk yang dihasilkan dan
membagikan kegiatan-kegiatan rutin seperti kopdar bersama Madjoe mapan.
Yang dimana dengan menggunakan kedua strategi tersebut, jumlah pengunjung
warung kopi Madjoe Mapan bertambah karena mereka mulai mengenal warung
kopi dari sosial media dan kegiatan-kegiatan yang rutin dilakukan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zidqi Mudhar
Date Deposited: 08 Jul 2025 14:25
Last Modified: 08 Jul 2025 14:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47747

Actions (login required)

View Item View Item