MUSTAFIDAH, Ulvi Putri (2025) Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital Studi Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
ULVI PUTRI MUSTAFIDAH_233206030029_.pdf Download (7MB) |
Abstract
Ulvi Putri Mustafidah, 2025. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital Studi Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember. Pembimbing I: Prof. Prof. Dr. H. Mashudi, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Lailatul Usriyah, M.Pd.I.
Kata kunci: Inovasi, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Era Digital.
Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak besar terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah bagaimana Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat tetap relevan dan efektif dalam menyampaikan nilai-nilai keIslaman kepada generasi muda, khususnya generasi yang akrab dengan teknologi. Di sisi lain, implementasi Kurikulum Merdeka memberi ruang bagi guru untuk melakukan berbagai inovasi pembelajaran. Namun, dalam praktiknya, belum semua satuan pendidikan mampu mengembangkan inovasi pembelajaran PAI yang sesuai dengan karakteristik siswa masa kini. Hal inilah yang menjadi latar belakang perlunya dilakukan penelitian mengenai inovasi pembelajaran PAI di era digital.
Fokus penelitian ini yaitu bagaimana inovasi produk, inovasi proses, dan inovasi teknologi dalam pembelajaran PAI di SMPN 4 Jember? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk-bentuk inovasi dalam pembelajaran PAI yang diterapkan di SMPN 4 Jember, yang meliputi inovasi produk, inovasi proses, dan inovasi teknologi. Ketiga aspek ini dipilih karena merupakan dimensi penting dalam menghadirkan pembelajaran agama yang kontekstual, menyenangkan, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik di era digital.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran PAI di SMPN 4 Jember mencakup tiga aspek utama. Pertama, inovasi produk terlihat dari penggunaan LKPD digital berbasis Canva yang mudah diakses, dan PPT Interaktif yang menarik. Kedua, inovasi proses diterapkan melalui model Problem Based Learning dan Project Based Learning yang mendorong siswa berpikir kritis, kreatif, dan aktif. Ketiga, inovasi teknologi dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi digital seperti Kahoot! dan Quizizz, untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan sesuai dengan karakteristik generasi digital.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100504 Data Communications 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ulvi Putri Mustafidah |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 14:35 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 14:35 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47750 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |