Hidayatullah, Alvin (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH AT TAQWA BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
SKRIPSI ALVIIN hari ini (1)new.pdf Download (7MB) |
Abstract
Alvin Hidayatullah, 2024: Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga
Pada Kelas II Di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa
Bondowoso.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Ular Tangga, Mata Pelajaran Fikih Bab Salat
Media merupakan benda atau alat yang digunakan untuk memepermudah
pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran. Dalam dunia pendidikan
banyak sekali macam macam media seperti media visual, audio, audiovisual dan
juga media berupa game salah satunya media permainan ular tangga.. Dengan
adanya media memberikan inovasi baru terhadap kegiatan pembelajaran sehingga
peserta didik tidak jenuh dengan metode ceramah yang setiap ahri dilakukan oleh
para pendidik. Media ular tangga ini dapat digunakan dalam setiap mata pelajaran
salah satunya seperti pelajaran fikih bab Salat sebagai terobosan baru untuk lebiih
memahamkan peserta didik tentang Salat.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Membuat dan Mengembangkan
Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Mata Pelajaran Fikih Bab Salat Kelas 2 Di
MI At-Taqwa Bondowoso. 2) Untuk Menguji Keefektifan Media Pembelajaran
Ular Tangga Pada Mata Pelajaran Fikih Bab Salat Kelas 2 Di MI At-Taqwa
Bondowoso. 3) Untuk Mengetahui Respon Siswa pada Media Pembelajaran Ular
Tangga Pada Mata Pelajaran Fikih Bab Salat Kelas 2 Di MI At-Taqwa
Bondowoso.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan
pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model ADDIE
(analysis, design, development, implementation, and evalution.). Dengan teknik
pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, media ular tangga yang
dikembangkan berupa banner dengan ukuran 200cm ×200cm dipadukan dengan
media NANAS MANIS (nama-nama Salat fardlu dalam islam) dengan tambahan
kartu pintar untuk menambah wawasan pesertadidik. Kedua, setelah mendapatkan
hasil penelitian baik dari validasi para ahli yaitu ahli media, ahli bahsa, ahli
materi, dan ahli pembelajaran diamana media ini mendapat nilai persentase rata
rata 78% dinyatakan layak untuk digunakan dan juga dengan adanya hasil dari
post tes peserta didik dengan persentase 90% peserta didik sudah memahami
pembelajaran. Maka media ular tangga yang peneliti kembangkan valid dan layak
digunakan dalam kegiatan pembelajaran materi fikih bab Salat. Ketiga, respon
siswa berdasarkan perolehan hasil yang di lakukan dengan membandingkan nilai
antara pre test dan post test oleh peserta didik mengalami peningkatan
pemahaman peserta didik yang cukup signifikan sehingga peserta didik dapat
dengan cepat menguasai materi yang disampaikan. Dengan adanya perolehan data
di atas menunjukan bahwa media permainan ular tangga dinyatakan layak dan
valid untuk digunakan dalam pelajaran fikih bab Salat di kelas 2 MI At_Taqwa
Bondowoso
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Alvin Hidayatullah |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 14:57 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 14:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47760 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |