Strategi Peningkatan Layanan Jamaah Pada Travel Haji Dan Umroh PT Asshofwah Cabang Jember

Faqih, Rifki Maulana (2025) Strategi Peningkatan Layanan Jamaah Pada Travel Haji Dan Umroh PT Asshofwah Cabang Jember. Undergraduate thesis, Uin Khas Jember.

[img] Text
RIFKI MAULANA FAQIH_ D20194027.pdf

Download (6MB)

Abstract

Strategi peningkatan layanan jemaah di travel haji dan umroh idealnya
tidak sekadar mengandalkan dimensi fisik dan teknis pelayanan, tetapi juga
melibatkan pendekatan spiritual service excellence. Oleh karena itu di perlukan
pemahaman tentang bagaimana seharusnya pelayanan yang tepat dalam
menangani jemaah.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana perencanaan,
layanan jemaah yang diterapkan oleh PT Asshofwah dalam penyelenggaraan
travel haji dan umroh?2). Bagaimana implementasi layanan jemaah yang
diterapkan oleh PT Asshofwah dalam penyelenggaraan travel haji dan umroh?3)
Bagaimana evaluasi layanan jemaah yang diterapkan oleh PT Asshofwah dalam
penyelenggaraan travel haji dan umroh?4)Apa saja faktor pendukung dan
penghambat dalam pelaksanaan strategi peningkatan layanan jemaah di PT
Asshofwah ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui perencanaan,
implementasi, evaluasi layanan jemaah yang diterapkan oleh PT Asshofwah
dalam penyelenggaraan travel haji dan umroh 2). Untuk mengetahui evaluasi
layanan jemaah yang diterapkan oleh PT Asshofwah dalam penyelenggaraan
travel haji dan umroh 3) Untuk mengetahui evaluasi layanan jemaah yang
4)diterapkan oleh PT Asshofwah dalam penyelenggaraan travel haji dan umroh
Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi
peningkatan layanan jemaah di PT Asshofwah
Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek
penelitian ini ditentukan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan untuk
menunjang keberhasilan proses penelitian, adapun teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Keabsahan data peneliti
menggunakan triangulasi sumber.
Peneliti ini memperoleh kesimpulan dalam strategi peningkatan layanan
jemaah travel haji dan umroh PT Asshofwah Cabang Jember. Strategi pelayanan
yang digunakan oleh PT Asshofwah Cabang Jember yaitu menggunakan strategi
pelayanan yang berlandaskan nilai-nilai spiritual, di mana pelayanan dianggap
sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Mengenai analisis SWOT di PT
Asshofwah Cabang Jember yaitu: kekuatan (strength) Nilai ibadah dan empati
sebagai dasar pelayanan, Komunikasi internal yang terbangun melalui forum
informal dan koordinasi reguler, Program sosial seperti subsidi voucher umrah
yang meningkatkan kepercayaan public dan yang terakhir adalah promosi,
kelemahan (weakness) meliputi kantor dan pelatihan staf, peluang (opportunity)
mencakup lokasi yang strategis dan pesaing yang minim, hambatan (treats)
struktur manajemen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150403 Real Estate and Valuation Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Depositing User: Mr Rifki Maulana Faqih
Date Deposited: 09 Jul 2025 01:54
Last Modified: 09 Jul 2025 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47790

Actions (login required)

View Item View Item