PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ISPRING SUITE 10 BERBANTUAN WEB2APK BUILDER PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA KELAS IV DI MIS MIMA CONDRO JEMBER 01

zulfa, risma (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ISPRING SUITE 10 BERBANTUAN WEB2APK BUILDER PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA KELAS IV DI MIS MIMA CONDRO JEMBER 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI RISMA WM.pdf

Download (13MB)

Abstract

Risma Fitriya Zulfa, 2024: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis
Ispring Suite 10 Berbantuan Web2Apk Builder Pada Pembelajaran IPAS
Materi Kerajaan Islam di Indonesia kelas IV di MIS MIMA Condro
Jember
Kata Kunci: Media Interaktif, iSpring & Web2Apk, dan Kerajaan Islam.
Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi diperlukan untuk
meningkatkan efektivitas dan daya Tarik saat pembelajaran. Penelitian ini
mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Ispiring Suite 10 yang
dikonversi melalui Web2Apk Builder untuk materi kerajaan islam di Indonesia
dalam mata pelajaran IPAS kelas IV di MIS MIMA Condro Jember.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana kelayakan
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring Suite 10 Berbantuan
Web2Apk Builder Pada Pembelajaran IPAS Materi Kerajaan Islam Di Indonesia IV
di MIS MIMA Condro Jember?2)Bagaimana Praktikalitas Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring Suite 10 Berbantuan Web2Apk Builder
Pada Pembelajaran IPAS Materi Kerajaan Islam Di Indonesia IV di MIS MIMA
Condro Jember? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui dan
mendeskripsikan kelayakan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis
Ispring Suite 10 Berbantuan Web2Apk Builder Pada Pembelajaran IPAS Materi
Kerajaan Islam Di Indonesia IVdi MIS MIMA Condro Jember. 2)Untuk mengetahui
dan mendeskripsikan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring
Suite 10 Berbantuan Web2Apk Builder Pada Pembelajaran IPAS Materi Kerajaan
Islam Di Indonesia IV di MIS MIMA Condro Jember
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and
Development) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Tujuan dari metode ini
adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran yang valid, praktis, dan
efektif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi untuk mengetahui kebutuhan di
lapangan, anket validasi yang diberikan kepada ahli materi dan media, serta tes hasil
belajar siswa untuk menilai efektivitas media. Uji coba dilakukan secara terbatas
pada siswa kelas IV MIS MIMA Condro Jember.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran interaktif berbasis
Ispring Suite 10 berbantuan Web2Apk Builder memiliki tingkat kelayakan yang sangat tinggi
dengan rata-rata skor validasi sebesar 88,42% yang termasuk dalam kategori “sangat layak”.
2) Kepraktisan media pembelajaran ini berdasarkan respons guru dan respons siswa
memperoleh skor sebesar 97,25%, yang juga termasuk dalam kategori “sangat praktis”. 3)
Dari segi validitas media, berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan materi, diperoleh
persentase sebesar 88,15% yang dikategorikan sebagai "sangat valid". Hal ini menunjukkan
bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Ispring Suite 10 berbantuan Web2Apk Builder
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan pada pembelajaran IPAS
materi Kerajaan Islam di Indonesia di kelas IV MIS Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro
Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Risma Fitriya
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:44
Last Modified: 09 Jul 2025 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47881

Actions (login required)

View Item View Item