Wafidah, Salha (2025) Mengembangkan Kemampuan Menyimak Melalui Permainan Bisik Berantai Pada Kelompok B di TK Al-Hidayah Sunan Bonang Kecamatan Balung kabupaten Jember. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Revisian skripsi Salha Wafidah watermak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Di lembaga ini menerapkan permainan bisik berantai untuk memudahkan anak dalam memahami kata-kata atau ungkapan seseorang ketika sedang berkomunikasi baik dengan teman maupun dengan guru. Selain itu bisa menjadikan anak menyerap kata dari sebelumnya sedikit kata hingga banyak kata yang mulai di pahami.
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan permainan bisik berantai pada kelompok B di TK Al-Hidayah Sunan Bonang Kecamatan Balung Kabupaten Jember? 2) Bagaimana kemampuan menyimak melalui permainan bisik berantai pada kelompok B di TK Al-Hidayah Sunan Bonang Kecamatan Balung Kabupaten Jember?
Tujuan Penelitian: 1) Mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan permainan bisik berantai pada kelompok B di TK Al-Hidayah Sunan Bonang Kecamatan Balung Kabupaten Jember, 2) Mendeskripsikan bagaimana kemampuan menyimak melalui permainan bisik berantai pada kelompok B di TK Al-Hidayah Sunan Bonang Kecamatan Balung Kabupaten Jember.
Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik Purposive, Lokasi penelitian di TK Al-Hidayah Sunan Bonang, Subjek penelitian yakni Kepala Sekolah, Guru kelas, Peserta Didik, Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi Partisipan, Wawancara Mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif seperti reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Penelitian ini menghasilkan bahwasannya dalam pelaksanaan permainan bisik berantai di TK Al-Hidayah Sunan Bonang pada kelompok B terdapat beberapa tahapan yakni diantaranya: 1. Tahap Persiapan : Menyusun Rencana Pembelajaran Harian (RPPH) 2. Tahap Pelaksanaan : (a) Pembukaan guru menjelaskan tema yang sudah ditetapkan, (b) Guru memperkenalkan media, (c) Guru membagi kelompok, (d) Menjelaskan cara melakukan permainan bisik berantai, (e) Guru membisikkan kata, (f) Anak-anak membisikkan kata pada kelompoknya, (g) Anak yang barisan akhir untuk maju kedepan. 3. Tahap Evaluasi.
Sedangkan hasil dari kemampuan menyimak melalui permainan bisik berantai di TK Al-Hidayah Sunan Bonang pada kelompok B terdapat 15 anak siswa kelompok B yang mengikuti permainan bisik berantai, 6 anak yang cepat menangkap sehingga mereka Berkembang Sangat Baik (BSB), ada 4 anak yang diulang 1 sampai 2 kali baru faham sehingga mereka Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan 3 anak yang harus diulang berkali-kali atau bahkan harus perlahan-lahan agar mudah dimengerti sehingga mereka Masih Berkembang (MB). 2 anak yang harus di ulang-ulang 1 kata agar anak memahami sehingga mereka Belum Berkembang (BB).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Miss Salha Wafidah |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 04:52 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 04:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47902 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |