Adiwangsa, Maulana (2025) Pengawasan Pelayanan Publik Oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Timur Dalam Upaya Pencegahan Terjadinya Maladministrasi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Maulana Adiwangsa_21110203040006 water mark done.pdf Download (2MB) |
Abstract
Maulana Adiwangsa, 2025: Pengawasan Pelayanan Publik Oleh Ombudsman
Republik Indonesia Perwakilan Jawa Timur Dalam Upaya Pencegahan
Terjadinya Maladministrasi.
Kata kunci: Pelayanan Publik, Ombudsman, Maladministrasi.
Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Jawa Timur merupakan lembaga
negara independen yang memiliki peran penting dalam mengawasi proses
pelayanan publik. Lembaga ini bertugas memastikan berbagai institusi
penyelenggara, baik pemerintah maupun swasta yang menggunakan anggaran
negara atau daerah, melaksanakan pelayanan publik sesuai prinsip-prinsip tata
kelola pemerintahan yang baik, seperti transparansi, keadilan, dan akuntabilitas,
demi memenuhi kebutuhan dasar Masyarakat Di Jawa Timur.
Fokus dalam penelitian ini mencakup dalam hal utama, yaitu: (1)
Bagaimana efektivitas tindakan dan tindak lanjut Ombudsman RI Perwakilan
Jawa Timur dalam Mencegah Maladministrasi Pelayanan Publik?, (2) Bagaimana
strategi dan mekanisme operasional Pengawasan yang dilakukan oleh
Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur dalam Mencegah Terjadinya
Maladministrasi pada Pelayanan Publik?.
Penelitian ini bertujuan untuk, Menganalisis Efektivitas tindakan
Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur dalam mencegah terjadinya
Maladministrasi Pelayanan Publik, Menganalisis strategi dan mekanisme
operasional pengawasan yang dilakukan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur
dalam mencegah terjadinya Maladministrasi. Di wilayah Jawa Timur, fungsi
Ombudsman RI diwujudkan melalui penyelesaian pengaduan masyarakat,
pencegahan pelanggaran administratif, serta pengawasan secara aktif. Pengawasan
yang dilakukan Ombudsman menjadi sangat penting untuk mencegah berbagai
penyimpangan administrasi sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan kepada
masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris dengan pendekatan
perundang-undangan sosiologis dan, pendekatan tersebut digunakan untuk
menganalisis data yang diperoleh melalui wawancara dengan pejabat Ombudsman
serta pelapor, observasi langsung, dan studi dokumentasi.
Hasil menunjukkan bahwa : Salah satu tantangan yang dihadapi dalam
pelayanan publik adalah praktik Maladministrasi. Maladministrasi mencakup
berbagai bentuk penyimpangan, seperti penyalahgunaan wewenang,
keterlambatan layanan tanpa alasan yang jelas, atau penyelenggara prosedur yang
berlaku. Praktik-praktik ini tidak hanya menghambat tercapainya tata kelola
pemerintahan tata kelola pemerintahan yang baik, tetapi juga merugikan
masyarakat sebagai penerima layanan. Di Jawa Timur Maladministrasi kerap
muncul akibat kompleksitas birokrasi, kurangnya transparansi, serta lemahnya
pengawasan internal instansi. Kondisi ini memerlukan intervensi serius dari
Ombudsman Provinsi Jawa Timur untuk mengatasinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara |
Depositing User: | Ms Maulana Adiwangsa |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 06:37 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 06:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47914 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |