Khasanah, Mawardatul (2025) PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS PENGOLAHAN LIMBAH DARI KOTORAN SAPI PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS X MA AL- AZIZI KANDANGTEPUS,KECAMATAN SENDURO, KABUPATEN LUMAJANG. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
MAWARDATUL KHASANAH, 2025 (2).pdf Download (10MB) |
Abstract
Pembelajaran Biologi tidak cukup hanya menyampaikan teori, tetapi membutuhkan bahan ajar menarik agar materi lebih mudah dipahami. Berdasarkan wawancara dengan guru Biologi MA Al-Azizi Kandangtepus kelas X, diketahui bahwa pembelajaran masih terbatas pada buku paket dan LKS, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Hasil angket menunjukkan bahwa
92% siswa menyukai media visual menarik dan 93% menyukai pembelajaran
yang kontekstual. Di Desa Kandangtepus sendiri masih terdapat permasalahan limbah kotoran sapi yang belum terkelola, sehingga dapat berdampak negatif terhadap lingkungan. Di Desa Kandangtepus, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, masih ditemukan permasalahan lingkungan berupa limbah kotoran sapi yang belum dikelola secara baik, sehingga berpotensi menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan sekitar.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk 1) Mendeskripsikan Validitas Bahan Ajar Booklet Berbasis Pengolahan Limbah Dari Kotoran Sapi Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al- Azizi Kandangtepus, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. 2) Untuk Mendeskripsikan Respon Peserta didik mengenai Bahan Ajar Booklet Berbasis Pengolahan Limbah Dari Kotoran Sapi Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al- Azizi Kandangtepus, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. 3) Untuk Mendeskripsikan Efektivitas Bahan Ajar Booklet Berbasis Pengolahan Limbah Dari Kotoran Sapi Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al- Azizi Kandangtepus, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.
Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D)
dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, dan kuisioner. Analisis data mencakup uji validitas, respons siswa, serta uji efektivitas menggunakan T-Test dan N-Gain.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan hasil validasi para ahli yakni : 1) validasi ahli materi mendapatkan persentase 94% dengan kategori sangat valid, validasi ahli media mendapatkan 96% dengan kategori sangat valid, validasi ahli evaluasi mendapatkan 78,3% dengan kategori valid dan validasi guru mendapatkan 82% dengan kategori sangat valid. 2) Hasil persentase rata-rata respons peserta didik mendapatkan 72% dengan kategori baik. 3) hasil uji t menggunakan paired sample T-test diperoleh sig.(2-tailed) sebesar 0,00<0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan Booklet. Hasil uji efektivitas menggunakan N-Gain diperoleh nilai N-Gain 1 dengan persentase 80% dengan kategori N-Gain Score tinggi dan katgori efektivitas N-gain efektif.
Kata Kunci :Booklet, Limbah, Perubahan lingkungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060208 Terrestrial Ecology |
Depositing User: | Mrs Mawar datul khasanah |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 07:28 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 07:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47936 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |