Alvin Rohman, Romadon (2025) GAYA KOMUNIKASI PUSTAKAWAN DALAM MENARIK MINAT KUNJUNG PESERTA DIDIK DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR SWASTA ISLAM ULUL ALBAB JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
SKRIPSI Romadon Alvin Rohman 2025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Romadon Alvin Rohman, 2024: Gaya Komunikasi Pustakawan Dalam Menarik Minat Kunjung Peserta Didik di Perpustakaan Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember
Kata Kunci: Gaya Komunikasi, Pustakawan, Minat Kunjung, Perpustakaan
Gaya komunikasi antar pustakwan dengan peserta didik yang ada di SDS Islam Ulul Albab Jember masih kurang maksimal, dan juga kurang fasilitas yang mampu menarik minat kunjung peserta didik untuk berkunjung ke perpustakaan. Didukung juga dari gaya komunikasi pustakawan yang memberikan respon yang kurang dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik. Dalam artian pustakawan kurang memberikan sikap yang ramah, berkesan, bersahabat, dan penuh perhatian Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti tentang gaya Komunikasi Pustakawan Dalam Menarik Minat Kunjung Peserta Didik Di Perpustakaan Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1. Bagaimana Strategi Pustakawan Dalam Menarik Minat Kunjung Peserta Didik Di Perpustakaan SDS Islam Ulul Albab Jember?, 2. Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat Pustakawan Dalam Menerapkan Gaya Komunikasi di Perpustakaan SDS Islam Ulul Albab Jember?
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui Strategi Pustakawan Dalam Menarik Minat Kunjung Peserta Didik Di Perpustakaan SDS Islam Ulul Albab Jember, 2. Untuk Megetahui Faktor Pendukung dan Pengham bat Pustakawan Dalam Menerapkan Gaya Komunikasi di Perpustakaan SDS Islam Ulul Albab Jember
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan untuk teknik teknik analisis data dengan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1. Strategi yang dilakukan pustakawan yaitu mengadakan bazar buku, bekerja sama dengan perpustakaan berjalan, mengadakan kegiatan literasi, menyediakan tempat baca yang nyaman, menggunakan gaya komunikasi yang tepat, dan memberikan apresiasi kepada peserta didik yang sering berkunjung ke perpustakaan. 2. Faktor pendukung adanya program evaluasi untuk pustkawan dan juga pelatihan untuk mengelola perpustakaan, Adanya kerja sama guru pengajar dengan pustakawan, Menambah koleksi buku sesuai dengan keinginan atau minat peserta didik. Faktor penghambat yaitu; Kurangnya interaksi pustakawan terhadap peserta didik , kurangnya pembagian waktu dalam menjalankan tugas, Kurangnya pemahaman pustakawan terhadap gaya komunikasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | T2019328 romadonalvin rohman |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 07:39 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 07:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47954 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |