Tazqia, Tazqia Aulia Putri (2025) PENERAPAN ASESMEN FORMATIF BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NURUS SALAM WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Tazqia Aulia Putri Maharani 211101010015_.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Asesmen Formatif, Media Quizizz, Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti
Proses pembelajaran saat ini masih didominasi metode ceramah dan evaluasi tertulis yang monoton, sehingga kurang menarik bagi peserta didik. Pendekatan tradisional dalam asesmen formatif membuat siswa mudah jenuh dan kurang termotivasi, yang berdampak pada rendahnya efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi asesmen yang lebih menarik dan relevan dengan perkembangan teknologi, salah satunya melalui penggunaan media digital interaktif seperti Quizizz. Media ini dapat meningkatkan antusiasme siswa dan membantu pemahaman materi melalui pengalaman belajar yang menyenangkan.
Fokus penelitian meliputi: 1) Bagaimana Perencanaan Asesmen Formatif berbantuan Media Quizizz pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Nurus Salam Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2024/2025? 2) Bagaimana Pelaksanaan Asesmen Formatif berbantuan Media Quizizz pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Nurus Salam Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2024/2025? 3) Bagaimana Evaluasi dan Tindak Lanjut Asesmen Formatif berbantuan Media Quizizz pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Nurus Salam Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2024/2025?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Perencanaan Penerapan Asesmen Formatif Berbantuan Media Quizizz pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Nurus Salam Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. 2) Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Penerapan Asesmen Formatif Berbantuan Media Quizizz pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Nurus Salam Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. 3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi dan Tindak Lanjut Penerapan Asesmen Formatif Berbantuan Media Quizizz pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Nurus Salam Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, yang bertujuan untuk memahami fenomena secara mendalam dalam konteks tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik Miles And Huberman dan teknik keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini, yaitu: 1) perencanaan: Perencanaan dalam penerapan asesmen formatif berbantuan media Quizizz dimulai dengan guru menyusun modul ajar sebagai acuan pembelajaran. Modul ini mencakup tujuan, materi, metode, serta bentuk evaluasi yang akan digunakan. Setelah itu, guru menyusun soal-soal formatif yang sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran, lalu memasukkannya ke dalam platform Quizizz. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan aplikasi Quizizz, baik melalui perangkat laptop maupun smartphone, serta memastikan jaringan internet stabil agar proses asesmen dapat berjalan lancar dan interaktif. 2) Pelaksanaan asesmen formatif berbantuan Quizizz pada mata pelajaran PAI kelas VII diawali dengan penyampaian materi oleh guru, dilanjutkan pembagian kode kuis kepada siswa. Siswa mengakses Quizizz melalui perangkat masing-masing dan mengerjakan soal sesuai waktu dan poin yang ditentukan. 3) Evaluasi dan tindak lanjut asesmen formatif berbantuan Quizizz pada mata pelajaran PAI kelas VII dilakukan dengan memberikan umpan balik langsung, terutama pada soal yang banyak dijawab salah. Guru memberikan penjelasan tambahan agar siswa memahami materi yang belum dikuasai. Selain itu, guru menganalisis hasil kuis untuk menilai efektivitas pembelajaran dan menyusun strategi perbaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tazqia Aulia Putri Maharani |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 01:59 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 01:59 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48046 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |