Pembelajaran Ekstrakurikuler Taḥfiẓ al-Qur'an dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab pada Siswa Sekolah Menengah Pertama 06 Diponegoro Wuluhan Jember

Prasasti Fuadani, M. Mulya Zamzam (2025) Pembelajaran Ekstrakurikuler Taḥfiẓ al-Qur'an dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab pada Siswa Sekolah Menengah Pertama 06 Diponegoro Wuluhan Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Mulya Zamzam Prasasti Fuadani_233206030003..pdf

Download (3MB)

Abstract

Fuadani, M. Mulya Zamzam Prasasti, 2025. Pembelajaran Ekstrakurikuler Taḥfiẓ al-Qur'an dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab pada Siswa Sekolah Menengah Pertama 06 Diponegoro Wuluhan Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Prof. Dr. Moch. Chotib, S.Ag., MM. Pembimbing II: Dr. H. Abd. Muhith, S.Ag, M.Pd.I.

Kata Kunci: Pembelajaran, Ekstrakurikuler Taḥfiẓ al-Qur'an, Pendidikan
Karakter, Tanggung Jawab

Kemendikbud sudah menyatakan 18 nilai karakter, salah satu karakter yang penting dimiliki peserta didik ialah karakter tanggung jawab. Konteks pembelajaran yang berlangsung sekarang, menuntut peserta didik untuk bertanggung jawab dalam merancang dan melaksanakan aktivitas belajar secara mandiri. Namun realitasnya, nilai karakter tanggung jawab dalam diri peserta didik belum terbentuk secara optimal. Banyak dijumpai peserta didik yang tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, atau mengerjakan tugas tidak sesuai dengan
instruksi yang disampaikan. Maka dari itu betapa pentingnya penanaman karakter
tanggung jawab pada peserta didik. Sebab dengan rasa tanggung jawab dapat memunculkan motivasi dan minat untuk belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pendekatan yang
digunakan pada pembelajaran ekstrakurikuler taḥfiẓ al-Qur'an dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa di SMP 06 Diponegoro Wuluhan; (2) strategi yang digunakan pada pembelajaran ekstrakurikuler taḥfiẓ al-Qur'an dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa di SMP 06 Diponegoro Wuluhan; (3) metode yang
digunakan pada pembelajaran ekstrakurikuler taḥfiẓ al-Qur'an dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa di SMP 06 Diponegoro Wuluhan.

Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara bebas, dan kajian
dokumen. Analisis data yang dipakai ialah milik Miles, Huberman, dan Saldana, yaitu Data Condensation, Data Display, Drawing and Verifying Conclusions. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik serta member check.

Penelitian ini menghasilkan temuan 1) pendekatan pembelajaran ekstrakurikuler taḥfiẓ al-Qur'an dalam membentuk karakter tanggung jawab yaitu pendekatan kognitif berupa pemberian contoh yang baik oleh guru, pendekatan behavioristik berupa penghargaan untuk memperkuat karakter tanggung jawab, pendekatan modern berupa pemanfaatan grup WhatsApp dalam mengawal
konsistensi karakter tanggung jawab, dan pendekatan tradisional berupa penugasan. 2) strategi pembelajaran ekstrakurikuler taḥfiẓ al-Qur'an dalam membentuk karakter tanggung jawab adalah strategi pembentukan komunitas yang bertanggung jawab berupa kegiatan Darling. 3) metode pembelajaran
ekstrakurikuler taḥfiẓ al-Qur'an dalam membentuk karakter tanggung jawab yakni
metode ceramah berupa pemberian pengetahuan tentang karakter tanggung jawab, metode keteladanan, dan metode pembiasaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Mulya Zamzam Prasasti Fuadani
Date Deposited: 11 Jul 2025 08:13
Last Modified: 11 Jul 2025 08:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48133

Actions (login required)

View Item View Item